Bukan Hoax, Minuman Alkohol Ini Enggak Bikin Mabuk

Ilustrasi minuman beralkohol.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bukan hoax atau prank. Seorang ilmuwan di Inggris berhasil menciptakan minuman beralkohol namun tidak membuat mabuk. Minuman tersebut dinamakan 'Alcarelle'.

Adalah Profesor David Nutt yang berhasil menciptakan karya terbaru ini. Bahan dasar Alcarelle berasal dari 'alcosynth', molekul yang memiliki efek sama seperti minuman beralkohol lainnya.

Hanya saja, penikmatnya dijamin tidak akan mabuk atau mengalami kerusakan liver atau hati.

"Minuman ini hanya memberi rasa hangat dan pening (pusing) layaknya alkohol biasa. Minuman ajaib ini menargetkan reseptor spesifik di otak dan mengabaikan hal lainnya," kata Nutt, seperti dikutip dari Ubergizmo, Senin, 1 April 2019.

Meski begitu, ia mengaku jika Alcarelle masih dalam tahap akhir pengembangan. Sebab, pada setiap wilayah yang menginginkan minuman ini perlu mendapat persetujuan dari aparat hukum setempat.

“Jelas akan ada pengujian untuk memeriksa apakah molekul tersebut aman. Dan, kita perlu menunjukkan bahwa minuman ini tidak menghasilkan toksisitas seperti halnya alkohol pada umumnya,” ujar dia.

Setelah semua peraturan resmi disahkan, Nutt berniat untuk menjual Alcarelle secara bebas. Saat ini, Nutt dan rekan-rekannya tengah mencari dana sebesar £20 juta atau Rp371 miliar sebagai modal pemasaran.

Minuman serupa juga pernah dibuat oleh sebuah winery di Spanyol. Perusahaan wine itu membuat air mineral rasa wine yang tidak akan membuat mabuk yang mengonsumsinya.

Minuman itu bernama Vida Gallaecia, yang merupakan hasil kolaborasi winery Bodega Liquido Gallaecia dan peneliti State Agency of the Higher Council of Scientific Research (CSIC) dalam dua tahun terakhir.

Rasa minuman itu dikabarkan mirip wine, namun tanpa kandungan alkohol dan hanya sedikit kalori. (ali)