Kabar Gembira, Peta MRT Jakarta Ada di Google Maps

Peta MRT di Google Maps
Sumber :
  • Dokumen Google

VIVA – Bagi kamu yang menggunakan kereta Moda Raya Terpadu atau MRT Jakarta, Ratangga sebagai transportasi utama dalam beraktivitas, ada kabar gembira. Kamu bisa merencanakan perjalanan lebih mudah dan tak perlu lagi menunggu di stasiun terlalu lama. Sekarang, informasi tentang rute, jadwal, dan waktu tiba Ratangga untuk Stasiun Lebak Bulus hingga Bundaran HI telah tersedia di Google Maps. 

Menggunakan fitur yang telah dikenal dengan nama Transit, merupakan fitur berisi informasi publik transportasi pertama di Indonesia yang tersedia di Google Maps. Setelah sebelumnya bus TransJakarta, kini jadwal kereta MRT juga tersedia di dalam fitur ini.

Cukup mengisi kedua lokasi di Google Maps untuk mendapatkan informasi rute dan nama stasiun yang harus kamu tumpangi. Kamu juga bisa melihat jam berapa kereta akan sampai di stasiun pilihan, berikut estimasi berapa lama perjalanan kamu. 

“Dengan ketersediaan informasi ini, sekarang kamu bisa tahu kapan keretamu akan tiba beserta rute yang akan kamu lewati. Kami berharap penambahan informasi untuk Ratangga di Google Maps ini dapat membantu dan memudahkan warga Jakarta bahkan pendatang dalam merencanakan perjalanan mereka sehari-hari,” ujar Communications Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan, dalam keterangan tertulisnya, Senin 1 April 2019. 

Warga Jakarta yang ingin mengetahui waktu tiba dan rute kereta MRT dan TransJakarta via Google Maps, bisa mengikuti tiga langkah.

Pertama, buka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iPhone, maupun desktop. Kedua, masukkan destinasi dan klik ikon berwarna biru di kanan bawah layar. Setelah di klik, pilih ikon ‘Transit’  berupa gambar kereta, untuk melihat waktu tiba, nama stasiun, rute, dan informasi lain yang kamu perlukan. Kamu juga bisa menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar. 

"Kami mengapresiasi inisiatif Google Maps untuk terus membantu  dengan menambahkan informasi seputar MRT Jakarta. Kami berharap dengan ketersediaan informasi seputar perkiraan waktu perjalanan, jadwal MRT Jakarta di Google Maps ini dapat memberikan kemudahan bagi Masyarakat dalam menggunakan layanan MRT Jakarta untuk menunjang aktivitas keseharian mereka,” ujar Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin. 

Selain itu, Kamaludin mengatakan, melalui dukungan fitur Google Maps ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas layanan MRT Jakarta  secara keseluruhan untuk mewujudkan penyediaan transportasi publik dengan standar internasional.

Transit adalah fitur dari Google Maps yang didesain untuk membantu merencanakan perjalanan menggunakan transportasi publik dengan lebih mudah dan cepat. Google Maps Transit tersedia dalam aplikasi Google Maps di Android, iPhone, maupun Web, dan telah tersedia di ratusan kota di belasan negara, dengan partner-partner baru bergabung setiap saat. (ali)