Persiapan Total Bumi Hadapi Serangan Asteroid

Ilustrasi Asteroid.
Sumber :
  • www.pixabay.com/TBIT

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) serta Badan Pengelola Darurat Federal Amerika Serikat (FEMA) sedang mempersiapkan pelatihan dan simulasi bencana sebagai bagian dari antisipasi soal kemungkinan kedatangan asteroid ke Bumi yang bisa menciptakan kehancuran.

Tak tanggung-tanggung, NASA juga menggandeng mitra internasional antara lain Badan Antariksa Eropa (ESA) serta Lembaga Peringatan Asteroid Internasional (IAWN), sebagai 'kesiapan mutlak' jika asteroid benar-benar menghujam Bumi dengan menggelar simulasi bernama 'tabletop exercise'.

Perwira Pertahanan Planet NASA, Lindley Johnson mengatakan, seluruh badan atau lembaga yang bekerja sama dengan NASA sedang mencari objek-objek tidak dikenal yang jaraknya 30 juta mil dari Bumi yang berpotensi menciptakan bencana, seperti asteroid ataupun komet, selama lebih dari 20 tahun.

Menurutnya, 'tabletop exercise' adalah simulasi yang digunakan dalam perencanaan manajemen bencana untuk membantu memberi tahu organisasi yang akan relevan dengan mobilisasi dan respons terhadap aspek-aspek penting, dari kemungkinan bencana serta mengidentifikasi cara untuk merespons.

Para peserta, lanjut Johnson, akan menggunakan skenario yang dikembangkan oleh Center for Near-Earth Object Studies milik NASA atau CNEOS.

"Latihan ini akan benar-benar membantu kami dalam komunitas pertahanan planet untuk memahami apa yang perlu diketahui oleh kolega kami dari sisi manajemen bencana," ungkap Johnson, seperti dikutip dari situs Tech Crunch, Kamis, 25 April 2019.

Ia juga mengatakan simulasi ini akan membantu mereka mengembangkan komunikasi yang lebih efektif satu sama lain, dan tentunya bersama pemerintah AS. Sebagai informasi, ini bukan pertama kalinya NASA menggelar pelatihan dan simulasi bencana.

Tercatat, NASA telah menyelenggarakan enam kali, di mana tiga kalinya secara internasional yaitu pada 2013, 2015, 2017 dan lainnya bersama FEMA termasuk perwakilan dari departemen pertahanan serta departemen luar negeri. (ann)