Segera Hapus Aplikasi Lama Kamu di Play Store

Ilustrasi Google Play Store.
Sumber :
  • tested.com

VIVA – Baru-baru ini Play Store melakukan pembaruan. Salah satu pembaruan di pusat aplikasi Google itu yakni penghitungan peringkat aplikasi akan lebih berbobot. Play Store juga menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi yang telah diunduh lama dan sejak lama juga tidak pernah digunakan.

Dikutip dari laman BGR, Senin 13 Mei 2019, notifikasi untuk hapus aplikasi lama muncul di bagian pemberitahuan toko. Pengguna bisa mengetuk notifikasi jika ingin melihat daftar aplikasi yang tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Jika sudah diputuskan akan dihapus, pengguna dapat melihat berapa banyak ruang yang bisa dibebaskan. Tampaknya pemberitahuan itu tidak akan muncul di seluruh bar notifikasi, apalagi jika aplikasi yang dipakai dalam jumlah banyak.

Pembaruan ini terkonfirmasi dalam temu pengembang tahunan Google, Google I/O 2019. Perubahan peringkat akan muncul pada Agustus 2019. Dalam posting blog perusahaan, Google mengatakan,  banyak pengguna menginginkan peringkat yang mencerminkan versi aplikasi yang lebih mutakhir.

"Peringkat Google Play Store akan dihitung ulang untuk memberi bobot lebih pada peringkat terbaru. Pengguna tidak akan melihat peringkat yang diperbarui hingga Agustus, namun mereka dapat melihat pratinjau peringkat baru di Google Play Store Console," kata Pemimpin Proyek Google Play, Kobi Glick.

Dalam beberapa hari terakhir, raksasa mesin pencari itu telah mem-boot salah satu pengembang aplikasi terbesar di Play Store dan menghapus semua aplikasinya. Alasannya karena beberapa aplikasi dituding berbagi data yang dikumpulkan dengan pemerintah China. (ren)