Oppo Berambisi Perkuat Ekosistem di Indonesia Lewat Pasar Aplikasi

Ilustrasi teknologi 5G.
Sumber :
  • Microwaves & RF

VIVA – Saat ini, Indonesia merupakan negara 4G yang tengah berada di ambang revolusi 5G, yang memiliki populasi konsumen ponsel ke tujuh terbesar di dunia.

Demografis masyarakat Indonesia telah cenderung menggunakan ponsel, sehingga 60 persen dari total belanja iklan digital akan difokuskan untuk seluler.

Berdasarkan laporan InMobi, Indonesia merupakan rumah bagi konsumen iklan seluler terbesar di dunia, serta menduduki urutan ketiga secara global untuk belanja iklan terbesar.

Seluruh ekosistem telah tumbuh dan terhubungkan kuat antara internet nirkabel dengan industri seperti pariwisata, e-commerce, layanan jasa makanan dan minuman, ritel, kesehatan, pendidikan, dan hampir semua kategori perindustrian telah bergabung dalam ekosistem ini.

Kampanye kreatif nirkabel, cenderung mendorong daya tarik yang lebih tinggi dan lebih efektif dalam mempengaruhi pikiran konsumen.

Untuk itu, raksasa teknologi China, Oppo, membangun Oppo App Market (Pasar Aplikasi Oppo) untuk memberikan para pengguna perangkat mereka sebuah pengalaman menikmati keindahan teknologi.

Head of Oppo Global Internet Business, Liu Xiabo mengatakan, pasar aplikasinya bertindak sebagai sebuah pengalaman pengelolaan aplikasi satu atap yang mencakup keseluruhan siklus hidup aplikasi.

Platform terbuka ini memberdayakan para pengembang aplikasi dengan memberikan akses, fasilitas, dan fondasi untuk distribusi aplikasi di India, China, Indonesia dan seluruh Asia Tenggara, lewat Oppo App Market.

“Kami secara konsisten mendobrak untuk senantiasa berada di posisi terdepan perkembangan teknologi nirkabel atau nirkabel mutakhir dunia. Pasar ponsel cerdas telah berkembang subur. Itulah sebabnya perlu disandingkan dengan teknologi yang sama canggihnya," ungkap Xiabo, dalam keterangannya, Rabu 29 Mei 2019.

Ia melanjutkan, Indonesia cukup cepat dalam beradaptasi dengan teknologi 3G dan 4G. Oleh karena itu, Xiabo optimistis teknologi 5G akan mengubah arah perkembangan teknologi nirkabel di masa depan.

"Kami berharap untuk bekerja sama sehingga mampu memberdayakan generasi muda atau milenial. Inilah yang nantinya akan mendorong pertumbuhan bisnis kami di Indonesia,” jelasnya.

Untuk usaha aplikasi seluler, menurut Xiabo, Oppo menghadirkan potensi besar dalam e-commerce, produsen smartphone, serta merek yang membangun produk dengan daya tarik tinggi bagi generasi milenial di Tanah Air.

"Kami memiliki lebih dari dua ribu paten berkategori 5G dan telah menyerahkan lebih dari 2.600 kontribusi kepada International Organization for Standardization (3GPP)," kata Xiabo.