Bisa Diakses di WhatsApp, Ini Tujuan Facebook Bikin Uang Digital Libra

Facebook baru saja mengumumkan Libra
Sumber :

VIVA – Pada Selasa kemarin, 18 Juni 2019, Facebook mengumumkan mata uang digital, dinamakan Libra, yang akan diluncurkan pada tahun 2020. Akun CEO Mark Zuckerberg dalam postingannya menjelaskan misi Facebook meluncurkan Libra, yaitu menciptakan infrastruktur keuangan global sederhana bagi miliaran orang di seluruh dunia.

Dengan uang seluler, lanjut keterangan di postingan itu, orang-orang tak perlu khawatir jika pergi tanpa membawa uang tunai. Hal ini terutama penting bagi mereka yang tak memiliki akses ke bank tradisional atau layanan keuangan. “Saat ini, ada sekitar satu miliar orang yang tidak memiliki rekening bank tetapi memiliki ponsel,” tulis keterangan itu.

Sementara itu, berdasarkan laporan The Guardian, Rabu, 19 Juni 2019, Facebook mengklaim ingin menjangkau 1,7 miliar orang di seluruh dunia yang tak mempunyai koneksi dengan rekening bank. 

Bersama postingan Zuckerberg itu, disebutkan pula cita-cita Libra adalah mengakomodasi semua orang untuk mengirim dan menerima uang semudah berbagi pesan dan foto di aplikasi. 

Libra dijelaskan sebagai yayasan nonprofit yang memiliki anggota 27 perusahaan besar dari seluruh dunia, termasuk Visa, Mastercard, PayPal, eBay, Stripe, Lyft, Uber, Vodafone, dan Spotify, di samping perusahaan mandiri milik Facebook yaitu Calibra. Calibra pada dasarnya adalah dompet digital yang akan menggunakan mata uang Libra, dan dikabarkan akan memiliki aplikasi sendiri. 

Nantinya setelah diluncurkan, pengguna akan bisa mengirim, menyimpan, dan membelanjakan Libra dimulai dengan dompet digital yang segera tersedia di WhatsApp dan Messenger atau aplikasi mandiri pada tahun depan. 

Nama Libra sendiri berasal dari pengukuran berat Romawi, itulah kenapa dalam penghitungan berat internasional menggunakan satuan lbs.