Mengenang Sutopo, Punya Cara 'Nyeleneh' Sebarkan Info Bencana

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (semasa hidup) bersama Presiden Joko Widodo.
Sumber :

VIVA – Duka mendalam dirasakan segenap masyarakat Indonesia, saat mendengar kabar meninggalnya Sutopo Purwo Nugroho, atau yang akrab disapa Sutopo, Minggu, 7 Juli 2019.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini mengembuskan napas terakhirnya di Guangzhou, China, dalam pengobatan kanker paru-paru yang ia derita selama bertahun-tahun. 

Sejumlah tokoh negara, lembaga, dan masyarakat mengungkapkan bela sungkawa melepas kepergian Sutopo. Pada Minggu itu, tagar #ripsutopo menjadi trending di Twitter. 

Tak terkecuali Presiden Jokowi dan beberapa menteri memosting ucapan melepas kepergian Sutopo untuk selama-lamanya. Jokowi bahkan mengakui Sutopo adalah orang yang menjalankan tugas pengabdiannya dengan baik, yaitu mengabarkan bencana secara cepat demi masyarakat waspada.

"Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak. Sampai menjelang akhir hayatnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ia mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan," keterangan di akun Instagram Jokowi. 

Begitu pula dengan Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti yang ucapan dukanya disampaikan melalui akun Twitter.

Jabatan terakhir Sutopo membuatnya mengemban tugas yang terkait dengan sosialisasi bencana. Tak jarang pria kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969 ini juga memprediksi jumlah kerugian pascabencana. 

Soal menyebarkan informasi bencana agar cepat meluas, Sutopo memanfaatkan media sosial dengan cara yang berbeda dan tak banyak dilakukan pejabat publik lain. Bukan sekadar memosting pengumuman, dalam unggahan informasi bencana, Sutopo juga menautkan (mention) akun penyanyi idolanya, yaitu Raisa dan Rossa. 

Dengan cara mention akun Raisa dan Rossa, Sutopo berharap postingannya di-retweet sehingga membantu informasi bencana cepat menyebar. Pria lulusan Universitas Gadjah Mada itu meluahkan curahan hatinya mengenai hal tersebut dalam postingan di Instagram @sutopopurwo pada 25 Mei 2019. 

Dalam video singkat, terlihat Sutopo dan beberapa orang berdiri di atas panggung. Tampak penyanyi Rossa di sana membawakan lagu Ayat-ayat Cinta bersama mereka. "Saya sering mention info bencana terkini dengan mention @itsrossa dan @raisa6690 dengan harapan diretwit sehingga info bencana menyebar ke followernya. Tapi dari ratusan yang saya kirimkan belum ada yang diretwit," tulis Sutopo di postingan itu. 

Kini Sutopo tak lagi mengabarkan bencana. Tugasnya telah usai bersama sirnanya rasa sakit dari kanker paru yang ia derita. Namun jasa dan pengabdian pada negeri ini akan selalu dikenang.