Begini Kompleks Makam Mbah Moen dari Citra Satelit

Pemakaman Ma'la atau Jannatul Mu'alla
Sumber :
  • Tangkapan layar Google Maps

VIVA – Kiai Haji Maimun Zubair atau Mbah Moen dimakamkan di pemakaman Ma'la, Mekah, Arab Saudi, Selasa 6 Agustus 2019. Pemakaman ini tergolong istimewa sebab di area ini keluarga Nabi Muhammad SAW dimakamkan. Salah satu yang dimakamkan di Ma'la adalah istri Nabi Muhammad, Siti Khatidjah.

Dari citra satelit yang dioperasikan Maxar Technologies dan ditampilkan di Google Maps, pemakaman ini dibatasi oleh pemukiman di sisi barat dan jalan Al Majidil Haram di sisi timur, serta Second Ring Road di sisi selatan.   

Kompleks pemakaman ini terletak di kaki bukit dan menghadap kiblat ke arah Masjidil Haram. Selain Khatidjah, keluarga lain Nabi Muhammad SAW yang dimakamkan di Ma'la yaitu kakek buyut (Abdul Manaf), paman (Abu Thalib), kakek Abdul Muthalib) dan keturunannya. Selain itu beberapa sahabat Nabi SAW yang dimakamkan di Ma'la adalah Abdullah bin Umar, Abdullah bin Zubair, Yasin bin Amar, Asmah binti Abu Bakar Siddiq.

Penampakan makam Ma'la dari satelit terlihat lapang coklat dengan peta-petak. 

Makam Khatidjah dalam peta satelit terletak pada petak kelima dari sisi utara. Dalam kompleks pemakaman di Ma'la, terdapat dua koridor untuk mengakses lokasi makam.

Pada pemakaman ini dulunya terdapat beberapa kubah dan struktur bangunan lainnya. Namun pada 1925, diratakan oleh Raja Saudi Ibnu Saud. Selain pemakaman Ma'la, Ibnu Saud juga meratakan bangunan di pemakaman Jannatul Baqi di Madinah. 

Langkah meratakan bangunan di kedua pemakaman itu mendapat protes dari komunitas muslim internasional.

Mbah Moen wafat Rumah Sakit An Nur pukul 04.17 Waktu Arab Saudi di Mekah. Jenazah Mbah Moen dimandikan di Syauqiyah, kemudian disemayamkan di Daker Mekah dan dimakamkan di Mekah, Arab Saudi. Mbah Moen meninggal pada usia 90 tahun. (kwo)