#PidatoPresiden2019, Jokowi: Data adalah Kekayaan Baru Bangsa

Pidato Presiden Jokowi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Tanda pagar #PidatoPresiden2019 menjadi salah satu topik terpopuler Jumat pagi 16 Agustus 2019. Tagar tersebut melonjak di daftar trending topic Twitter, berkaitan dengan pidato kenegaraan Jokowi di sidang DPR dan DPR RI. Tagar #PidatoPresiden2019 dicuitkan 8 ribu kali oleh pengguna Twitter. 

Dalam pidato tersebut Jokowi menyinggung soal data sebagai kekayaan baru bangsa. Selain itu, dalam pidato Jokowi menyinggung soal keamanan siber dan pentingnya data. Jokowi menekankan harus ada kedaulatan data dan siber, karena hal itu sangat penting.

"Kita harus siaga menghadapi kejahatan siber, termasuk kejahatan penyalahgunaan data. Hak warga negara atas data pribadi harus dilindungi. Regulasinya harus segera disiapkan, tidak boleh ada kompromi," ujar Jokowi, di kompleks Senayan, Jumat 16 Agustus 2019. 

Jokowi menyebutkan pentingnya keberadaan data. Dia menyebutkan data sebagai sumber daya baru pada era saat ini. Data sudah melampaui sumber daya lama seperti minyak. 

"Data adalah jenis kekayaan baru bangsa kita. Kini data lebih berharga dari minyak. Oleh karena itu, kedaulatan data harus diwujudkan," kata Jokowi. 

Baca juga: WhatsApp Anti Dikepoin Pacar, Ada Kunci Sidik Jari

Banyak isu lainnya disinggung dalam pidato tahunan DPR. Misalnya, soal nuklir. Dalam pidato di Sidang Bersama Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2019, Ketua DPD RI, Oesman Sapta menegaskan, ke depannya segala upaya dalam rangka membangun kedaulatan energi, kedaulatan pangan, hingga kedaulatan politik sebagai sebuah bangsa, harus menjadi perhatian bersama antara pemerintah dan seluruh rakyat.