Bagaimana Kencingnya Orang yang Dikebiri?

Ilustrasi penis
Sumber :
  • doc.pexels

VIVA – Praktik kebiri dilakukan dengan dua cara. Pertama, kebiri fisik yang mengamputasi organ seks pria. Kedua, kebiri kimia yang memasukkan obat-obatan untuk memanipulasi testosteron. 

Tindakan kebiri kimia belakangan ini menjadi sorotan setelah diajukan untuk memperberat hukuman bagi M Aris (20 tahun), terpidana pencabulan pada sembilan anak di Mojokerto, Jawa Timur. 

Lantaran kasus tersebut, rasa penasaran tentang kebiri pun mengemuka. Kebiri fisik, contohnya seperti dikisahkan pada film Game of Thrones. Ada Theon Greyjoy, Lord Varys yang menjadi kasim, dan Greyworm beserta pasukan Unsullied. 

Topik tentang kebiri juga dibahas di situs berbagi pengetahuan Quora. Salah satu pertanyaan diajukan dengan merujuk pada kondisi Theon yang tak memiliki penis: Bagaimana Theon hidup dengan kastrasi (kebiri) dan bagaimana dia kencing?

Baca juga: 2 Tahun Setelah Kebiri Kimia, Ilmuwan Jenius Pilih Bunuh Diri

Penggemar Game of Thrones bahkan menyangka apakah air kencing pasukan Unsullied jadi meluber membasahi kaki?

Mengutip dari Melmagazine, artikel yang dipublikasikan Maret 2019 menuliskan penjelasan dari Dr Michael Ingber, ahli urologi di New Jersey. "Hal demikian adalah penektomi," katanya seperti dikutip VIVA, Kamis, 29 Agustus 2019.

"Saraf dan jaringan penis benar-benar berjalan jauh di belakang rami pubis inferior (tulang kemaluan). Ketika kami melakukan pembedahan kanker, ini adalah operasi besar untuk menghapus semua jaringan ini."

Ingber menjelaskan bahwa di luar alam semesta Game of Thrones, dokter yang melakukan penektomi membuka jalan kencing. “Akan mengubah pembukaan uretra, misalnya, tempat Anda buang air kecil, menjadi apa yang disebut 'urethrostomy perineum’," ujar Ingber.

Dengan kata lain, dokter memastikan pasien dapat buang air kecil sambil duduk. Karena, "Akan sangat sulit untuk buang air kecil setelah penektomi," katanya.