Syukurlah, Kondisi Papua Sudah Stabil, Internet Dibuka

Menkopolhukam Wiranto di acara Car Free Day masyarakat Papua
Sumber :

VIVA – Setelah berhari-hari diberlakukan pemadaman, akses internet di Papua, akhirnya akan segera dibuka. Kabar ini merujuk pada pernyataan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto yang mengatakan kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat saat ini sudah stabil. 

"(Blokir internet) dibuka, pasti dibuka. Saya katakan bahwa kalau sudah damai untuk apa diblok medsos. Kalau sudah damai untuk apa aparat keamanan ribut-ribut ramai di sana," kata Wiranto di arena Car Fee Day (CFD) bersama masyarakat Papua di Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 1 September 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Meski begitu, Wiranto belum dapat memastikan terkait penarikan pasukan keamanan dari Papua. Mereka masih mengamati perkembangan suasana di pulau paling timur Indonesia tersebut. 

"Kami selalu begitu, mendahului sesuatu. Kita tunggu dulu, ini kan baru mulai damai, mulai aman, nanti kita tunggu. Sabar, tenang. Kan begitu," ujarnya Wiranto saat berbincang dengan wartawan.

Sebelumnya, kerusuhan yang terjadi di Bumi Cendrawasih itu berbuntut pemadaman internet oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Langkah itu diterapkan untuk mencegah penyebaran informasi hoax dan provokatif yang membuat kerusuhan semakin memanas. 

Insiden kerusuhan dipicu ujaran rasis mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu.