Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Jumat, 13 September 2019 | 07:12 WIB

Gen Z Harus Tahu! Gara-gara BJ Habibie Kita Bisa Pakai Handphone

Team VIVA »
Siti Sarifah Alia
Foto :
  • Dok. Telkomsel
2 September 1994, Bapak Habibie meresmikan pengoperasian Telkomsel GSM

VIVA – Anak-anak yang hidup di Masa sekarang, yang kerap addicted dengan smartphone di tangan, harus kenal siapa BJ Habibie. Pasalnya, pria yang kerap dipanggil eyang Habibie itu merupakan orang yang paling berperan membuat kita mengenal media sosial, WhatsApp, sampai bermain game menggunakan handphone.

Tak percaya? Sejarah yang membuktikannya. Melalui kisah sejarah yang dipaparkan Telkomsel diketahui jika BJ Habibie lah yang memberikan persetujuan untuk penerapan GSM sebagai standard teknologi seluler di Indonesia. Inilah cikal bakal teknologi yang digunakan di smartphone yang kamu pegang sekarang sampai ga bisa lepas.

Baca Juga

Kala itu, tepatnya 14 Juli 1993,  sejumlah direksi PT Telkom menghadap beliau, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Republik Indonesia. Di atas sehelai kertas, beliau menuliskan persetujuan dan penerapan GSM sebagai standar teknologi seluler Indonesia. 

"Tulisan inilah yang kemudian menjadi referensi dari sebuah langkah besar migrasi teknologi dan pengembangan industri seluler analog ke digital di Indonesia," ujar Emma Sri Martini, Dirut Telkomsel saat ini, menjelaskan mengenai peran BJ Habibie, Kamis, 12 September 2019.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Tahlilan di Rumah BJ Habibie Digelar 40 Hari Dipenuhi Warga
TVONE NEWS - 11 bulan lalu
Terpopuler