Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

3 Game Ini Dipakai untuk Nge-tes Fungsi Otak

Senin, 16 September 2019 | 02:38 WIB
Foto :
  • The Daily Star
Game Tetris.

VIVA – Sebuah studi baru dari Inggris menemukan bahwa game ponsel populer dapat menjadi alat baru untuk membantu dokter menemukan tanda-tanda awal penurunan kognitif.

Penurunan kognitif mengacu pada kapasitas otak untuk daya ingat, penalaran, dan keterampilan pemahaman.

Baca Juga

Dilansir dari Psychcentral, Senin, 15 September 2019, penurunan kemampuan kognitif (dan fungsi motorik) ini dapat menunjukkan timbulnya atau menyertai kondisi serius termasuk demensia dan penyakit Alzheimer, stroke, cedera otak traumatis, skizofrenia dan gangguan obsesif-kompulsif. Perhatian baru juga difokuskan pada deteksi perubahan kinerja kognitif di antara atlet yang terkena cedera otak traumatis.

Penelitian baru tersebut dipimpin oleh University of Kent. Mereka menyelidiki hubungan antara pola gerakan tap, swipe dan rotational selama bermain game mobile dan kinerja kognitif pengguna. 

Para penyelidik menentukan game seluler dapat membantu penyedia menilai keterampilan kognitif dan motorik.

Secara khusus, para ilmuwan penelitian menemukan bahwa kecepatan, panjang dan intensitas gerakan ini berkorelasi dengan fungsi otak. Kinerja gerakan pemain mengungkapkan informasi kunci tentang kemampuan pencarian visual, fleksibilitas mental, dan penghambatan respons mereka. 

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler