Akun Lambe Turah Enggak Centang Biru, Ternyata Ini Penyebabnya

Akun Instagram Lambe Turah
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram

VIVA – Pengguna media sosial tentu tidak asing lagi, dengan akun yang sudah terverifikasi atau akun yang sudah memiliki centang biru. Sebuah kebanggaan tersendiri, jika sebuah akun bisa mendapat label tersebut. 

Syarat untuk bisa mendapatkannya di Instagram, adalah mereka sudah memiliki banyak pengikut, misalnya di atas 10 ribu orang. Akun-akun yang sudah terverifikasi biasanya merupakan tokoh penting, artis atau influencer, merek produk, dan kreator. 

"Sebenarnya, tidak terlalu berpatok pada angka (pengikut). Kami lihat dari sudut yang berbeda. Misalnya, UKM yang sudah pernah diliput media, perlu kami amankan, karena takut ditiru," kata Client Partner Facebook Companies, Aldo Rambie di Jakarta, Jumat 20 September 2019.

Instagram memiliki pedoman untuk masalah ini. Akun yang terverifikasi harus asli, tidak boleh menggunakan nama palsu, karena semuanya terkait keamanan. Jika akun itu tidak ada dalam kategori, maka Instagram tidak bisa memberi centang biru untuk akun tersebut. 

"Saat ini, ada dua kategori akun yang punya urgency lencana biru, yakni akun bisnis milik perusahaan atau akun pribadi milik publik figur," ujarnya. 

Instagram saat ini tidak hanya dipenuhi oleh akun-akun pribadi, ada juga beberapa akun yang kontennya lebih kepada pembagian informasi, baik hal-hal yang lucu, bersifat viral, sampai kepada akun-akun gosip. 

Contohnya pada akun @lambe_turah, yang saat ini pengikutnya mencapai 7,3 juta. Meski banjir follower, namun mereka belum juga mendapat lencana biru. 

"Kami ada community guideline sendiri, mungkin itu (@lambe_turah) gak sesuai, jadi kami gak verified. Untuk sementara ini, policy kami seperti itu. Bila ada perubahan, akan kami komunikasikan," tuturnya.