Lebih Mudah Bangun Ibu Kota di Wilayah Baru

Site Telkomsel di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Pemerintah resmi mengumumkan ibu kota baru Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, keduanya di Kalimantan Timur.

Bicara soal pembangunan kedua wilayah ini, operator telekomunikasi Telkomsel merencanakan membangun Kota Pintar atau Smart City.

"Diharapkan ibu kota baru konsepnya sudah smart city. Karena membangun desain dari awal," kata General Manager Network Operation Quality Management Telkomsel Regional Kalimantan, Rahmad Putra Jaya, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin, 23 September 2019.

Ia juga menginginkan supaya wilayah ibu kota baru ini akan memiliki desain smart city yang jauh lebih modern dari Jakarta.

Ibu kota baru, lanjut Rahmad, akan membangun dari awal yang berbeda dengan Jakarta di mana ketersediaan teknologinya jauh lebih berkembang.

"Jadi lebih mudah membangun wilayah dari awal dibandingkan yang sudah lengkap," paparnya. Rahmad berharap Telkom Group bisa menjadi salah satu pihak yang menguasai sektor smart city.

"Karena kalau desain dari awal seperti kita membangun rumah. Lebih gampang desainnya jika dibanding bangun rumah yang sudah jadi," ujarnya. Sejauh ini Telkomsel memiliki 18.100 BTS di seluruh Kalimantan.

Adapun di Kalimantan Timur, Telkomsel memiliki 5.500 BTS dengan 1.200 BTS di Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara 240 BTS. "Khusus untuk di Kaltim, kami membangun hampir sekitar 400 BTS baru," jelas Rahmad.