Ditinggal Jack Ma, Alibaba Makin Yahud Deh

Pasca Ditinggal Jack Ma, Alibaba Jual
Sumber :
  • wartaekonomi

Meski baru ditinggal Jack Ma, Alibaba tak berhenti melahirkan inovasi. Kali ini perusahaan meluncurkan mesin pencarian bernama Hanguang 800 Neutral Processing Unit (NPU), Rabu (25/9/2019).

Lewat kekuatan kecerdasan buatan, Chip 800 Hanguang akan meningkatkan kecepatan layanan pencarian di layanan e-commerce perusahaan.

"Peluncuran Hanguang 800 ini penting sebagai upaya memajukan teknologi demi masa depan, mendorong kemampuan komputasi yang dapat mendorong kemajuan unit usaha kami," kata CTO Grup Alibaba, Jeff Zhang.

Salah satu manfaat lain, pengguna dapat mengunggah ratusan juta gambar dalam sehari ke situs e-commerce Taobao. Biasanya data sebanyak itu perlu diproses selama satu jam, dengan Hanguang 800, waktunya dipersingkat menjadi lima menit.

Alibaba juga akan berupaya memberikan kemudahan kepada mitra untuk mengakses komputasi lanjutan lewat dukungan chip. Karena, itu jadi salah satu tujuan perusahaan di lini komputasi awan Alibaba Cloud.

"Tentu kapanpun dan di manapun melalui cloud kami," ujarnya lagi.

Hanguang 800 merupakan AI Inference chip yang dikembangkan oleh T-Head yang bernaung di Alibaba DAMO Academy, program untuk meningkatkan riset teknologi dan sains milik perusahaan.

Chip itu juga menghasilkan rekomendasi pencarian sesuai preferensi pengguna, juga berfungsi pada periklanan, layanan konsumen intelijen hingga terjemahan otomatis.