Tak Cuma di Film, Ternyata Malware Ini Mampu Kuras Uang di Mesin ATM

Mesin ATM disegel Police Line (Ilustrasi)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Bukan hanya di film-film saja, namun ternyata Anjungan Tunai Mandiri (ATM) bisa diserang malware bahkan saldo uang di dalamnya bisa dikuras hingga habis. Serangan malware ini disebut jackpoting itu ditanamkan pada mesin ATM oleh para peretas

Kejadian tersebut terjadi di sebuah bank di kota Freiburg, Jerman. Salah seorang pegawai awalnya melihat ada pesan aneh pada panel kontrol yang berbunyi 'Ho-ho-ho! Let's make some cutlets today'.

Namun pegawai tersebut tidak langsung menyadari di balik pesan aneh tersebut. Ternyata peretas telah menanamkan malware pada ATM pada serangan jackpotting dan membuat uang terkuras abis dari dalam ATM, dilansir laman BGR, Kamis, 17 Oktober 2019. 

Investigasi yang dilakukan oleh Motherboard bersama outlet berita Jerman menjelaskan sejumlah details bagaimana peretas terus mengejar mesin yang memiliki keamanan lemah. Serta para pelaku juga melakukan kejahatan pada mesin yang menggunakan software ketinggalan jaman.  

Serangan pada ATM dikatakan sedang meningkat di seluruh dunia termasuk negara maju seperti Amerika Serikat. Menurut ahli keamanan sibe, David Sancho serangan malware ini bisa terjadi di mana saja. 

Bank juga termasuk rentan dan sebagian besar dianggap tidak siap menghadapi serangan. 

Kejahatan ini dilakukan dengan penyerang menginstal malware lewat akses poin pada ATM, seperti outlet USB. Kode ini juga sangat terjangkau. Menurut pihak Motherboard, peretas telah melakukan serangan sekitar Eropa menggunakan software Rusia dengan harga US$1000 atau berkisar Rp14 juta.