Merdeka dari Kominfo, Rudiantara: Ada yang Suka dan Kurang Suka

Rudiantara bersama Menkominfo baru, Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri

VIVA – Rudiantara secara resmi melepas jabatannya sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika kepada penerusnya Johnny G. Plate. Selepas serah terima, Rudiantara mengatakan kini sudah merdeka. 

"Hari ini bapak presiden telah menetapkan pembantu beliau. Alhamdulilah, saya sudah merdeka," kata Rudiantara di kantor Kominfo, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019. 

Jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika untuk periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo diisi oleh Johnny G Plate, yang berasal dari Partai Nasdem. 

Dalam penutup acara serah terima jabatan itu, Rudiantara menyampaikan maaf atas kesalahannya selama menjabat dan meminta staf Kominfo mendukung kerja Johnny ke depan. 

"Minta maaf ada kesalahan kekhilafan. Ada orang yang menyukai saya, dukung bang Johnny. Orang yang kurang menyukai saya, ini kesempatan mendukung pengganti saya," ungkapnya.

Kepada penggantinya tersebut, Rudiantara meminta ‘warisan’ penyelesaian RUU Perlindungan Data Pribadi. Dengan pengalaman menjadi wakil rakyat di DPR, Rudiantara mengharapkan Johnny bisa memuluskan pengesahan rancangan aturan itu. 

"Revisi sudah ditandatangani dibawa ke Setneg. Mudah-mudahan beliau kan khittah-nya memang di Senayan," kata dia. 

Rudiantara juga berharap Kementerian Komunikasi dan Informatika berperan sebagai fasilitator dan akselerator. Sama seperti yang telah ia lakukan saat masih menjabat orang nomor satu di kementerian itu. Chief RA berpesan, jangan sampai Kominfo hanya menjadi regulator saja.