Gaya Menteri Nadiem Makarim Bekerja Ala Startup? Ini Kata Bawahannya

Nadiem Makarim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki nakhoda baru. Mantan bos Gojek, Nadiem Makarim kini memimpin kementerian tersebut di Kabinet Indonesia Kerja. 

Apakah Nadiem membawa perubahan di Kemendikbud layaknya mengelola startup? Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Didik Suhardi hanya berkomentar pendek. 

"Lho ini kan masih masa (awal) masih konsolidasi." ujar Didik, di Jakarta, Jumat 11 November 2019. 

Soal perubahan cara kerja, dia hanya mengatakan pasti setiap pemimpin memiliki gayanya masing-masing. Soal cara kerja Nadiem apakah seperti startup, Didik hanya menjawab belum tahu. 

Dia mengatakan Kemendikbud sedang mengajak sejumlah pakar untuk mencari masukan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Untuk reformasi kurikulum, Didik mengatakan Kemendikbud sedang menggodoknya. 

"Sejauh mana kita review tentunya kita harus mendapatkan masukan dari pihak luar," ungkapnya. 

Nadiem Makarim dilantik menjadi Mendikbud pada 23 Oktober 2019. Dia menjadi menteri termuda di kabinet periode kedua pemerintahan Jokowi. 

Setelah pelantikan, Nadiem menyatakan alasan terpilihnya menjadi bagian dari kabinet. Menurutnya, Presiden Joko Widodo percaya Nadiem bisa lebih paham soal apa yang akan terjadi di masa depan.