Panjang Kabel Optik di Indonesia 8 Kali Keliling Bumi

Menkominfo Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengaku mendapat titipan tiga pesan dari Presiden Jokowi. Tiga pesan tersebut adalah soal kedaulatan data, kejahatan siber dan pengembangan industri telekomunikasi dan informatika.

Ia menjelaskan, dalam hal pengembangan, harus diselesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan digital. Namun menurutnya jika negara ini tidak hanya membangun infrastruktur fisik saja tapi juga infrastruktur telekomunikasi besar-besaran.

"Yang ingin disampaikan adalah kita harus menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan digital Indonesia. Pemerintah dan seluruh mitra kerja telah membangun lebih dari 330 ribu kilometer panjang fiber optik di seluruh Indonesia. Itu sama saja kita berjalan delapan (8) kali mengelilingi Bumi," kata Johnny di Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.

Selanjutnya, pemerintah juga telah membangun lebih dari 120 ribu BTS untuk cover blankspot, memudahkan berselancar di dunia maya, serta berkomunikasi dengan perangkat yang dimiliki.

Selain itu juga ada lima satelit yang telah diorbitkan. Johnny mengatakan akan ada tiga satelit multi fungsi baru yang juga akan diterbangkan demi kebutuhkan dan industri informatika di Indonesia.

"Kita saat ini menggunakan lima satelit di orbit, atau dikenal sebagai tol langit. Kita juga akan menempatkan setidaknya tiga satelit baru untuk kepentingan telekomunikasi, high throughput sattelite atau satelit multi fungsi, untuk kebutuhan telekomunikasi dan industri informatika di Indonesia sampai tahun 2035," jelasnya.