Tanggulangi Banjir, TNI Kerahkan Pesawat CN295 dan CASA ke Selat Sunda

Pesawat CN295.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Tentara Nasional Indonesia (BNPB dan TNI) siap menanggulangi banjir akibat hujan deras yang melanda wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi sejak Selasa sore, 31 Desember 2019 hingga Rabu pagi, 1 Januari 2020 dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Teknologi ini berfungsi untuk mempercepat turunnya intensitas huja?n deras. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo mengatakan, proses pengiriman TMC dilakukan oleh pesawat, yaitu jenis CN295 dan CASA.

Ia juga mengatakan bahwa rencananya alat tersebut akan ditempatkan di Selat Sunda hingga Lampung, lokasi di mana hujan akan diturunkan.

Meski begitu, Agus mengaku rencana ini bisa saja berubah jika terjadi perubahan arah mata angin. "Kalau arah angin ke timur, maka akan diturunkan ke waduk-waduk seperti Jatiluhur dan Jatigede," ungkapnya di Jakarta, Kamis, 2 Januari 2020.

Sebelumnya, ?Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, mengingatkan bahwa prakiraan potensi hujan lebat awal 2020 di wilayah Jabodetabek masih akan berlangsung hingga tujuh hari ke depan.

"Potensi hujan lebat tanggal 2-7 Januari di Jabodetabek," tegas dia. Oleh karena itu, masyarakat diimbau tetap waspada terhadap potensi banjir dan longsor, disertai angin kencang.

Lebih lanjut Dwikorita menjelaskan bahwa prakiraan cuaca yang terjadi di Jabodetabek rata-rata diawali pada pagi hari atau saat cuaca berawan, lalu pada siang hingga malam hari baru hujan. Meskipun sudah diprediksi, cuaca dapat sewaktu-waktu berubah akibat anomali.