Review Realme Buds Air: Suara Jernih dan Nyaman Dipakai

Realme Buds Air.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Produsen perangkat elektronik asal China, Realme, langsung menggebrak di awal 2020. Kali ini, mereka merilis perangkat TWS (True Wireless Stereo) pertamanya bernama Realme Buds Air. Ini merupakan earphone yang diklaim dapat memberikan pengalaman mendegarkan musik terbaik.

Lantas, bagaimana dengan performa dari perangkat ini? Tim VIVA Digital berkesempatan menguji coba earphone yang akan diluncurkan secara resmi pada Rabu hari ini, 15 Januari 2020 tersebut. Berikut ulasannya:

Desain

Realme Buds Air ini hadir dengan perangkat yang memiliki case berbentuk kotak yang tidak terlalu besar. Produk tersebut tersedia dengan tiga pilihan warna yakni hitam, kuning dan putih.

Bicara desain, Realme Buds Air memiliki rupa yang identik dengan desain Airpods besutan Apple. Jika Anda pernah melihat Airpods, maka Anda bisa menebak bahwa kedua produk tersebut 11-12 penampakannya.

Mungkin yang paling terlihat saat memegangnya adalah dimensi yang lebih kecil dan tentunya tulisan 'Designed by Realme'. Perbedaan selanjutnya terletak pada bagian batang buds dari Realme Buds Air yang hadir lebih pipih dan lebar.

Penggunaan sejumlah besar desain kurva dan desain kelopak telinga yang sangat pas bahkan memberi kenyamanan tersendiri saat dipakai di telinga.

Performa

Realme Buds Air memiliki kejernihan dan suara bass yang ‘nendang’ tanpa terasa dipaksa dan dikuatkan. Selain itu, Realme Buds Air memiliki volume yang cukup kencang dan tetap terdengar bagus selama tidak diatur dalam tingkatan volume terlalu tinggi.

Kualitas suaranya mampu beri impresi positif saat didengarkan ke beberapa orang. Untuk kekuatan baterai, Realme Buds Air bisa dipakai dalam waktu kurang dari tiga jam.

Tapi setelah itu Realme Buds Air dapat memasukkan kembali ke dalam case-nya untuk pengisian daya. Ada pula ketersediaan fitur pengisian nirkabel. Jadi, jika Anda memiliki aksesori cas nirkabel di sekitar, cukup letakkan case di atasnya dan biarkan untuk diisi dayanya.

Selain itu, Realme Buds Air kompatibel dipasang di beragam smartphone, baik Android maupun iOS. Hanya dengan menekan tombol pairing pada case, sambungkan ke perangkat Anda dan setelah itu memasukkannya ke telinga, maka Realme Buds Air siap digunakan.

Realme Buds Air juga memiliki sensor untuk mendeteksi penggunaan. Apabila Anda mengeluarkannya dari telinga, musik otomatis berhenti dan sebaliknya. Satu lagi, saat menggunakannya untuk beraktifitas, perangkat ini tidak menunjukkan tanda-tanda ingin jatuh, bahkan ketika kepala dimiringkan sampai ke sisi ekstrem.

Fitur unggulan

Produk AIoT atau Artificial Intelligence dan Internet of Things Realme ini didukung Bluetooth 5.0. Selain itu juga memiliki sejumlah fitur cerdas lainnya.

Ada kontrol sentuh sehingga cukup mengetuk earbud untuk pause/play, pindah ke trek berikutnya, ketuk panjang atau tahan untuk memanggil voice assistant, dalam hal ini Google Assistant, dan ketuk untuk menerima panggilan.

Fitur cerdas lainnya adalah mode low latency. Fitur ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pengguna gamer tidak mengalami jeda antara suara dan aksi di layar. Caranya ketuk dua kali untuk menjawab panggilan telepon dan play atau pause musik. Kemudian, ketuk tiga kali untuk memainkan lagu selanjutnya.

Lalu, sentuh dan tahan di salah satu Buds untuk mengaktifkan voice assistant dan mengakhiri panggilan telepon. Terakhir, sentuh dan tahan di kedua Buds untuk masuk atau keluar Gaming Mode.

Saat digunakan menelepon, suara terdengar kencang dan jelas bagi penghubung dan penerima. Namun, bicara kontrol sentuh, beberapa kali mengalami masalah memulai ulang musik setelah mengetuk untuk jeda.