Tiap Pekan Manusia Nyaris Punah Puluhan Kali

Ilustrasi Asteroid mendekati Bumi.
Sumber :
  • CNET

VIVA – Sebuah asteroid yang ukurannya dua kali lebih besar dari menara Big Ben di London, Inggris akan melewati planet kita pada hari ini. Hal itu dikemukakan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat, atau NASA

Dilansir dari laman Mirror, Minggu 19 Januari 2020, asteroid yang diberi nama 2009 BH2 itu akan mendekat sekitar pukul 14:29 GMT. Batu tersebut diperkirakan memiliki diameter 88-200 meter. 

Asteroid akan berada 4,6 juta kilometer jauhnya dari Bumi. Meski terlihat jauh, tapi NASA menandai ini sebagai yang paling terdekat. 2009 BH2 tidak akan jadi satu-satunya yang melewati planet kita, ada juga batu yang ukurannya lebih kecil.

Asteroid 2020 AH1 disebut lebih kecil, karena memiliki diameter 33-75 meter. Untungnya, kemungkinan tabrakan dengan Bumi ada di level yang rendah. 

Meski begitu, NASA belum menghapus adanya kemungkinan tabrakan asteroid dalam waktu dekat. Agensi asal Negeri Paman Sam itu, menemukan 30 objek yang melintas dekat Bumi setiap pekan. Awal tahun lalu saja, totalnya ada 19 ribu lebih objek. 

Mereka memperingatkan, bahwa katalog obyek tidak lengkap, bisa saja ada asteroid tak terduga yang mungkin muncul dan menghantam Bumi. 

"Para ahli memperkirakan, dampak benda yang meledak di Chelyabinsk, Rusia pada 2013 yang ukurannya mencapai 17 meter, akan terulang satu atau dua kali dalam satu abad," jelas NASA.