Apa Itu Virtual SIM, yang Diklaim Bebas Malware

Ponsel Luna Simo.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Saat ini, bukan cuma kartu SIM (SIM card) dan eSim, tetapi adapula jenis lain kartu SIM yang tersedia untuk ponsel. Namanya kartu SIM Virtual (Virtual SIM). Salah satu perusahaan yang menyediakan Virtual SIM adalah Simo.

Menurut County Manager Simo Indonesia, Wisnu Adhi Prabowo, konsep kartu SIM Virtual berbeda dengan kartu SIM yang lain yang sudah tersedia sebelumnya. Ia mengatakan bahwa Virtual SIM tidak diembed ke ponsel melainkan pada chipset.

Saat ditanya soal kerentanan keamanan data yang ada di Virtual SIM, Wisnu menyangkalnya dan menyebut produknya tidak mengumpulkan data pribadi pelanggan.

"Kita itu seperti penyedia paket data untuk internet saja," klaim dia, kala berbincang dengan VIVA dan media lainnya, Kamis, 23 Januari 2020.

Wisnu juga mengatakan kalau kartu SIM Virtual tidak akan melacak histori penggunaan data di aplikasi penggunanya. Misalkan, seperti penggunaan data aplikasi perbankan. Ia mnenyebut konsep Virtual SIM ini mirip saat menggunakan wifi.

"Ketika internet tersambung, wifi tidak akan menggali data pribadi dari apa yang dilakukan pengguna. Sejauh ini aman ya (dari ancaman malware). Aplikasi kita cuma pengatur lalu lintas antara operator seluler saja. Jadi katakanlah satu operator seluler enggak supporr 4G maka kita yang atur backend-nya," ungkap Wisnu.

Simo sudah tersedia di beberapa ponsel, termasuk yang baru diluncurkan Luna Simo. Ponsel ini tampil dengan ukuran layar 6,08 inchi dengan notch atau poni waterdrop untuk kamera selfie 5MP. Baterai brdaya 4.100mAh dan RAM serta ROM 3Gb+32GB. Luna Simo dibanderol seharga Rp1,3 juta.