Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Selasa, 11 Februari 2020 | 11:04 WIB

Virus Corona Ternyata Berdampak ke Satelit Indonesia

Team VIVA »
Anisa Widiarini
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • Pixabay
Ilustrasi satelit di luar angkasa

VIVA – Dampak virus corona yang dimulai di negara China memang mulai merebak ke seluruh dunia. Namun bukan hanya kesehatan saja yang berdampak tapi mulai terasa ke sektor lain. 

Salah satunya adalah pengadaan Satelit Republik Indonesia atau yang dikenal dengan nama Satelit Satria. Pembiayaan ini dilakukan oleh BPI France dari Perancis dan AIIB (Asian Infrastructure Investment Bank) dari China. 

Baca Juga

Nah, masalah muncul saat akan melakukan tanda tangan perjanjian dengan dua investor tersebut. Karena menurut Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Anang Latif, proses itu harus bertemu dengan keduanya.

"Nah di situ persoalannya negara sananya itu di-banned kan, bordernya di-banned. Sekarang lagi nunggu kabar bagaimana penyelesaian pertemuan itu," kata Anang ditemui di Gedung Kominfo, Senin, 10 Februari 2020. 

Terpopuler

Dia menuturkan jika perjanjian seluruh pihak harus bertemu. Persetujuan juga harus didapatkan dari semuanya dan uang tersebut terkumpul 100 persen. 

Pertemuan ini sebelumnya sempat tertunda karena masalah administrasi serta kejadian wabah virus Corona. Lalu direncanakan akan dilakukan pada bulan Maret mendatang. 

Namun dia enggan berandai-andai jika corona masih terjadi hingga bulan depan. Menurutnya saat ini PT Satelit Nusantara III sedang melakukan komunikasi untuk memindahkan pertemuan di tempat lain. 

"Kan kalau kita ke China langsung enggak bisa, ya sudah kita ketemu di satu titik lagi (sedang) dibicarakan," kata dia.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru