Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 20 Februari 2020 | 05:35 WIB

3 Teknologi Bisa Membaca Perilaku Manusia, Sampai Tahu Dialek Bahasa

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Foto :
  • Science HowStuffWorks
Artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

VIVA – Perkembangan layanan percakapan berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dengan cepat mengubah interaksi layanan pelanggan (customer service) di berbagai industri termasuk perbankan, layanan keuangan nonbank, ritel, e-commerce, hingga layanan kesehatan.

Tingginya pemanfaatan AI dalam otomatisasi layanan pelanggan (customer service) menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Kecerdasan buatan adalah mesin yang dapat belajar dengan sendirinya (machine learning) yang mampu menganalisa perilaku komunikasi para pengguna atau nasabah. Tak salah jika Uniphore melirik bisnis tersebut.

Baca Juga

Perusahaan asal India yang berdiri sejak 2008 ini mengaku, lewat layanan customer service berbasis AI, mereka ingin 'lebih dekat dan akrab' dengan pengguna atau nasabah.

Menurut Chief Operating Officer Uniphore, Ravi Saraogi, Indonesia merupakan pasar potensial dalam memperkenalkan ketiga teknologi barunya, yaitu auMina, akeira, dan amVoice.

"Kami melihat layanan pelanggan masih banyak yang mengandalkan email atau chatbot, sehingga informasi kebutuhan dari pelanggan sulit digali karena masih kurang terlibat secara emosional. Dibandingkan dengan kekuatan suara yang dapat lebih cepat menyelesaikan masalah pelanggan," ujarnya, melalui video conference di Jakarta, kemarin.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler