Pesan Aneh Masuk ke Ponsel Samsung Galaxy di Seluruh Dunia

Gerai Samsung.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Sebuah pesan aneh masuk ke ponsel Samsung Galaxy milik pengguna di seluruh dunia. Pesan itu masuk dalam notifikasi dari aplikasi Find My Mobile App Samsung.

Dikutip dari The Verge, Jumat, 21 Februari 2020, pesan itu hanya berisi angka 1 dengan 1 lainnya berada di bawah. Namun, saat diketuk, tidak terjadi perubahan apapun selain menutup notifikasi tersebut.

Sejumlah pengguna pengguna model Galaxy, termasuk ponsel lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip, menerima notifikasi itu.

Warganet yang mendapati pesan tersebut langsung menanyakan hal tersebut di akun Twitter mereka. Banyak dari mereka yang merasa ketakutan dengan pesan aneh ini.

Walaupun mengaku saat mengklik pesan tidak terjadi apapun dengan ponsel mereka. Aplikasi Find My Mobile membuat pengguna perangkat Samsung bisa menemukan atau mengunci ponsel maupun tablet dari jarak jauh.

Selain itu juga mampu mencadangkan data dari perangkat ke Samsung Cloud. Pengguna Samsung juga bisa menghapus data lokal serta memblokir akses ke Samsung Pay. Tak ayal, pesan aneh ini membuat pemilik ponsel Samsung Galaxy ketakutan saat menerima pesan tersebut.

Menjawab penasaran para penerima pesan itu, Samsung Inggris menuliskan dalam akun Twitter resminya jika notifikasi itu dikirimkan tidak sengaja saat melakukan pengujian internal. Pihak perusahaan memastikan jika pesan tidak akan berefek apapun pada perangkat yang menerimanya.

"Baru-baru ini, notifikasi 'Find My Mobile 1' terjadi pada sejumlah perangkat Galaxy. Ini dikirimkan tidak sengaja saat pengujian internet dan tidak ada efek pada perangkat Anda. Kami mohon maaf atas ketidaknyaman yang ditimbulkan," tulis pihak Samsung.

Bukan hanya Samsung, produsen ponsel OnePlus juga mengirimkan pesan aneh ke sejumlah perangkatnya di tahun lalu. Pesan itu berisi karakter China yang ternyata adalah pengujian internal yang gagal untuk pembaruan software atau perangkat lunak.