Perisai Tubuh Ini Diklaim 'Enggak Mempan' Virus Corona

Penanganan wabah Virus Corona COVID-19 oleh China diikuti sejumlah negara.
Sumber :
  • NY Times

VIVA – Arsitek asal China Sun Dayong menciptakan sebuah produk unik yang diklaim mampu melindungi seseorang dari terjangkit Virus Corona Covid-19.

Produk ini berbentuk seperti perisai tubuh bernama Be a Bat Man yang ditujukan untuk orang yang ada dalam situasi berbahaya terkait penyebaran wabah mematikan tersebut.

Dilansir dari situs Fox News, Rabu 4 Maret 2020, Dayong mengatakan perangkat tersebut bisa dilipat dan bisa dibuka secara otomatis.

"Virus Corona akan terbunuh dalam suhu 56 derajat celcius. Penutup dibuat berbahan PVC seperti kaca depan mobil, yang dilengkapi dengan kawat pemanas di antara kaca untuk memanaskan es dan salju di musim dingin," kata Dayong.

Tapi bertentangan dengan klaim Dayong, para ilmuwan tidak tahu apakah suhu yang lebih hangat akan membunuh virus.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, virus corona tersebar di antara orang dengan jarak dekat atau melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika seseorang batuk atau bersin.

"Mungkin saja seseorang bisa terjangkit Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau benda yang memiliki virus di atasnya dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata mereka sendiri. Meski ini tidak dianggap secara cara utama penyebaran virus," ujar pihak CDC.

Dayong mengatakan bahwa ia berharap dapat menemukan sponsor untuk mengubah konsepnya menjadi kenyataan. "Tetapi tentu saja kita masih perlu melakukan banyak pekerjaan dengan para insinyur untuk memproduksinya," ungkap Dayong.