Awas! Virus Corona Bisa Bertahan di Layar Ponsel Selama Seminggu

Ilustrasi layar ponsel.
Sumber :
  • The Verge

VIVA – Pengguna ponsel pintar atau smartphone didesak untuk membersihkan layarnya dengan tisu alkohol setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghentikan penyebaran virus corona covid-19.

Para peneliti menyebut virus corona mampu bertahan di permukaan rata selama hampir satu minggu, kecuali jika dilakukan disinfeksi dengan benar.

"Anda bisa mencuci tangan, tetapi jika mulai menyentuh layar ponsel dan kemudian menyentuh wajah Anda, maka potensi infeksi bisa terjadi," kata Profesor William Keevil dari University of Southampton, Inggris, seperti dikutip dari Metro, Rabu, 4 Maret 2020.

Akademisi lain, Profesor Peter Hall dari Universitas Waterloo menggambarkan ponsel pintar sebagai cawan petri. Dia mengimbau masyarakat untuk membersihkan ponsel sekali saat makan siang dan sekali lagi waktu makan malam.

Menurut penelitian Dcsout, rata-rata orang mengangkat telepon 2.600 kali sehari dan menggunakannya sekitar 76 kali. Apple menyarankan untuk membersihkan permukaan ponsel dengan kain mikrofiber dan air sabun, meski para ahli kesehatan mengatakan bahwa tisu alkohol lebih baik untuk menangkal virus.

Profesor Mike Barer dari University of Leicester mengatakan setiap permukaan yang telah terkontaminasi oleh batuk, bersin atau bahkan pernapasan, berpotensi menular.

Namun, risiko terkena virus corona dengan cara itu lebih rendah, dibandingkan dengan penularan antar kontak manusia.

Seperti diketahui Organisasi Kesehatan Dunia telah mendaftarkan lebih dari 1.500 kasus baru terkait penularan virus corona di luar wilayah China dalam 24 jam terakhir.

Menurut WHO, jumlah kasus yang dikonfirmasi di China mencapai 80.714, sementara jumlah kematian mencapai 2.915. Saat ini, angka kematian global melebihi 3.100 orang, dengan hampir 91 ribu terinfeksi.