Dicari Gamer yang Lihai Main Game Mobile Legends

Setiap Hero yang ada di dalam game Mobile Legends memang memiliki keunikan masih-masing, tidak terkecuali hero-hero dari Role Marksman yang punya fakta unik mereka sendiri.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menurut data terbaru dari Newzoo, Indonesia telah menjadi salah satu pasar game online terbesar di Asia Pasifik dengan angka mencapai US$941 juta atau setara Rp13 triliun, dengan populasi online 52,6 juta orang dan jumlah gamer mencapai 34 juta orang.

Pesatnya sektor industri kreatif, khususnya eSports, di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini memang berada pada puncaknya, bahkan menjadi perhatian dunia.

Tak dapat dipungkiri, eSports telah banyak membuka lapangan pekerjaan baru di sektor kreatif yang berimbas keuntungan terhadap ekonomi yang tidak sedikit untuk Indonesia.

Dengan animo anak muda akan eSports, bermunculan juga para kreator konten (content creator) dan juga streamer yang menjadikan bermain game sebagai penghasilan utama mereka.

Hanya bermodal smartphone, para streamer bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta rupiah dari kontrak dengan aplikasi streaming dengan hanya bermain game. Karena itulah, Indonesia Virtual Pro League (IVPL) menggelar turnamen eSports, IVPL Rise Season 2020.

Head of Content IVPL, Mario Chandra Putra mengatakan, turnamen ini adalah yang kali kedua dalam gelaran IVPL Rise, di mana pada musim lalu turnamen ini mempertandingkan game Arena of Valor (AoV) dan FIFA 19.

"Nah, musim 2020 ini IVPL Rise akan hadir dengan game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB)," ungkapnya di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.

Dengan diselenggarakannya turnamen eSports yang registrasinya telah dibuka sejak 1 Februari tersebut dinilai tidak hanya menguntungkan dari segi ekonomi semata, tapi telah membuka berbagai macam lapangan pekerjaan baru di industri kreatif.

Ia mengaku IVPL Rise Season 2020 akan terbagi dalam dua jenis kualifikasi, offline dan online. Untuk offline qualifier, akan berlangsung di 5 kota seperti Bekasi, Jakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya. Sedangkan kota-kota lainnya, bisa mengikuti turnamen ini pada fase online qualifier.

"Total, akan ada 16 tim yang akan bertanding di fase ?playoff," tutur dia. Dari fase playoff tersebut, dua tim yang berhasil melaju ke babak grand final?, yang akan berlangsung di kota Semarang, pada 19 April 2020. Peserta turnamen akan memperebutkan hadiah utama sebesar Rp150 juta.