Program Tukar Tambah jadi Metode Pembayaran untuk Beli Ponsel

Ilustrasi membeli ponsel.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Sejumlah vendor sering menggelar program trade-in. Salah satunya Samsung yang sedang merilis Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra di Jakarta dan Surabaya.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, Taufiqul Furqan, mengatakan jika program tukar tambah ini sudah menjadi metode pembayaran untuk membeli ponsel.

"Trade-in sudah menjadi metode pembayaran. Dulu ada cash (tunai), kartu kredit, cicilan tanpa kartu kredit, dan kini trade-in," kata Taufiqul di Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020.

Ia mengatakan konsumen sebenarnya bisa menjual sendiri ponselnya, namun harus memiliki usaha lebih tinggi lagi. Dengan program trade-in tersebut maka akan lebih langsung, cepat, dan gampang.

Menurutnya juga ada program cashback dalam tukar tambah tersebut. Saat ditanya ponsel-ponsel hasil program itu ke mana, Taufiqul mengaku jika Samsung bekerja sama dengan pihak ketiga.

Tapi Taufiqul mengatakan mitra tersebut yang memutuskan nasib perangkat tersebut. Ia mengklaim Samsung ingin memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk-produk mereka dengan program trade-in.

"Kita kerja sama dengan third party untuk assess dan mengambil ponsel. Kita assign mereka sebagai partner. Mereka yang punya model bisnisnya," tutur dia.

Trade-in Samsung untuk Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra ini dilakukan bukan hanya di acara Consumer Launch. Namun juga bisa dilakukan di toko ritel Samsung resmi.