Seorang Remaja Dapat Duit dari TikTok karena Ketiduran

TikTok.
Sumber :
  • The Verge

VIVA – Pengguna TikTok ternyata bisa menghasilkan uang saat sedang tidur. Beberapa pengguna kini mulai menyiarkan diri mereka saat tertidur sepanjang malam dan ditonton oleh pengguna lainnya.

Seorang pengguna remaja bernama Brian Hector berusia 18 tahun menjelaskan bagaimana ribuan pengikut menontonnya saat tertidur, bahkan beberapa penonton memberikannya hadiah.

Seperti diketahui, TikTok memungkinkan pengguna mengirim 'hadiah' ke kreator favorit mereka. Untuk melakukannya, pengguna perlu membeli koin dalam aplikasi dengan mata uang dan membeli hadiah ini.

Mereka lalu bisa mengirim hadiah atau koin ke siaran langsung, yang kemudian diubah menjadi 'berlian', dan ditukarkan dengan uang tunai melalui PayPal. Dalam kasus Hector, ia justru mendapatkan koin hanya karena tidur.

"Aku bangun keesokan paginya dan mengakhiri siaran langsung, lalu mengatakan kepada ibuku bahwa aku benar-benar menghasilkan uang hanya dengan tertidur," kata Hector, seperti dikutip Metro, Rabu 11 Maret 2020.

Seseorang perlu mengumpulkan cukup banyak pengikut, sebelum ada penonton yang akhirnya akan membayar untuk menonton seseorang tertidur.

Hector memiliki 348 ribu pengikut di TikTok dan mengatakan bahwa pada sleep stream pertamanya ia hanya berhasil mengumpulkan sekitar US$10 koin.

Biasanya, TikTokers, sebutan untuk pengguna TikTok, akan membuat iklan video untuk memberitahu bahwa mereka akan melakukan siaran langsung saat tidur untuk memastikan pengikutnya tahu.

Setelah itu, pengguna hanya akan meletakkan ponselnya di meja samping tempat tidur, menekan tombol rekam, dan menghasilkan uang.

"Aku sudah melihat begitu banyak orang melakukannya. Pertama kali saya melihatnya saya pikir itu adalah hal yang paling aneh tapi juga yang paling keren," ujar Hector.

Belakangan ini TikTok semakin populer di kalangan anak muda selama 18 bulan terakhir. TikTok menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun lalu.