Kerja dari Rumah Gara-gara Corona, Jaringan Internet Aman?

Ilustrasi bekerja di rumah.
Sumber :
  • www.pixabay.com/jeonghwaryu0

VIVA – Wabah virus corona yang sedang melanda dunia, termasuk Indonesia, menimbulkan dampak yang cukup besar pada aktivitas warga. Mulai dari lockdown, hingga penutupan sejumlah fasilitas umum.

Bahkan, para pelajar diliburkan dari kegiatan selama beberapa pekan. Para pekerja juga diminta oleh perusahaan, agar menunaikan tugasnya di rumah saja.

Bagi sebagian orang, keputusan perusahaan itu justru menguntungkan. Mereka tidak perlu menembus macet untuk bisa tiba di kantor, dan menghabiskan uang hanya untuk makan siang.

Namun, dengan banyaknya karyawan dan pelajar yang beraktivitas dari rumah, bagaimana kesiapan operator seluler dalam memberi pelayanan internet?

Melalui keterangan resmi, dikutip Minggu 15 Maret 2020, Telkomsel mengaku telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan, seiring tingginya potensi penggunaan oleh masyarakat di sejumlah wilayah.

Mereka juga melakukan pengamanan jaringan, terutama di wilayah perumahan dan juga posko penanggulangan COVID-19, seperti rumah sakit dan kantor pemerintah.

Khusus pelanggan yang mengalami masalah dan ingin berkonsultasi, Telkomsel tetap membuka GraPARI dengan jam operasional normal. Setiap pengunjung akan diperiksa suhu tubuhnya, dan bisa menggunakan fasilitas hand sanitizer serta masker yang disediakan.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengaku sejak awal tahun ini sudah melakukan sosialisasi kepada karyawan soal COVID-19. Perusahaan juga melakukan langkah preventif, seperti menyemprotkan cairan disinfektan hingga kebijakan tugas dinas.