Dokter Pahlawan COVID-19 Handoko Gunawan Viral di Twitter

Dokter Handoko Gunawan.
Sumber :
  • Twitter @akbarry

VIVA – Di tengah wabah Virus Corona (COVID-19) di Indonesia, warganet dikejutkan oleh sosok Handoko Gunawan. Namanya menjadi trending topic di media sosial Twitter dengan tagar #dokterhandokogunawan.

"Di saat banyak sekali orang” yang marah ke pemerintah, kita sampai lupa bahwa masih banyak para pahlawan yang rela berkorban untuk menjadi bagian besar covid19. Salah satunya dr Handoko ini. Respect dengan pengabdiannya! Di mana pun kalian semua, mari kita doakan beliau," tulis akun @elsyandria, dikutip VIVA, Rabu, 18 Maret 2020.

Beredar sebuah tangkapan layar yang meminta doa untuk seorang dokter ahli paru di Graha Kedoya, Jakarta Barat yang usianya sudah mendekati 80 tahun.

Ia terus bekerja hingga dini hari karena keterbatasan tenaga medis. Di samping tangkapan layar itu terlihat sosok Handoko Gunawan yang menggunakan masker dan pakaian hazmat.

Hingga kini tagar #dokterhandokogunawan sudah mengumpulkan 10 ribu tweets yang sudah ada di jajaran trending topic sejak pukul 05.30 Rabu pagi tadi. Ada juga topik Handoko Gunawan yang sudah mengumpulkan 34 ribu tweets.

"Setiap orang punya tugasnya sendiri. Dan, bagi kalian yang tidak berguna di situasi seperti ini, tugas kalian cukup diam di rumah dan tidak menambah angka pasien, bisa? Biar kalian tidak merepotkan orang" seperti dr. Gunawan. #dokterhandokogunawan #DiRumahAjaDulu," ujar @humanoleep.

Sementara itu, pada pagi ini warganet juga dikejutkan dengan tangkapan layar yang disertai foto seorang pria tengah mendapat perawatan. Pria itu diklaim sebagai Handoko Gunawan yang dikatakan sudah di ICU karena sesak nafas.

"A very dedicated doctor. Sejak WKS-nya dia di Kalimantan, naik sampan mengunjungi desa-desa di sepanjang sungai. Bayarannya sayur dan buah-buahan. Kadang-kadang saja ada penduduk yang berikan ayam," bunyi pesan menyentuh tersebut.