COVID-19 Jakarta, Infrastruktur Jaringan Tiga Lokasi Ini Diperkuat

WISMA ATLET DISIAPKAN UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Operator seluler Telkomsel memperkuat infrastruktur jaringan pada tiga lokasi yang ditunjuk sebagai rumah sakit penangan pasien pandemi Virus Corona COVID-19 di Jakarta. Ketiga lokasi yang dimaksud yaitu Hotel Patra Comfort, Rumah Sakit Pertamina Jaya, dan Wisma Atlet Kemayoran.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan telah melakukan pengecekan pada tiga lokasi tersebut. Ia juga menyebut melakukan sejumlah upaya peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan yang telah dilakukan, seperti optimalisasi pemanfaatan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1.800, 2.100, dan 2.300Mhz yang tersedia di seluruh BTS.

"Yang selama ini sudah menjangkau cakupan ketersediaan jaringan broadband di tiga lokasi tersebut. Ini bentuk dukungan dalam memastikan kenyamanan berkomunikasi bagi seluruh petugas medis dan pasien," kata dia di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Selain itu, Setyanto juga melakukan penambahan kapasitas jaringan broadband 3G dan 4G di sejumlah BTS Easy Macro yang telah menjangkau ketiga lokasi itu. Menurutnya hal ini dilakukan untuk memperkuat kualitas jaringan broadband secara menyeluruh.

Khusus Wisma Atlet Kemayoran, ia mengaku ada penambahan infrastruktur jaringan degan pengoperasian 1 unit Compact Mobile BTS teknologi 4G. BTS ini menggunakan spektrum 1.800 dan 2.300MHz.

"Seluruh aktivitas pengamanan jaringan di tiga lokasi itu sekarang sudah selesai dilakukan dan siap dimanfaatkan oleh seluruh pihak, terutama para petugas kesehatan, pasien serta para pemangku kepentingan lainnya," paparnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo meresmikan difungsikannya Wisma Atlet Kemayoran Jakarta menjadi Rumah Sakit Darurat COVID-19. Ada sekitar 15 ribu kamar yang ada di wisma ini yang akan menjadi ruang isolasi pasien Corona.

Rencananya, ada dua tower yang akan digunakan untuk isolasi pasien yakni di Tower 6 dan Tower 7. Kapasitasnya bisa menampung hingga ribuan pasien. Selain pasien positif, juga nanti akan menjadi posko gugus penanganan COVID-19. Juga menjadi tempat mes dari para perawat yang khusus menangani pasien Corona COVID-19 ini.

Peresmian dilakukan secara bersamaan dengan peninjauan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin pagi, 23 Maret 2020. Presiden tiba pukul 09.00 WIB disambut sejumlah menteri seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Jokowi langsung meninjau di salah satu gedung di Tower 7 yang akan dijadikan RS Darurat COVID-19. Di sini, nanti juga ada laboratorium radiologi hingga ICU, untuk mendukung proses penanggulangan COVID-19 ini.

Presiden mendapat penjelasan dari Tim Kesehatan TNI, menyangkut fungsi ruangan dan peralatan. Persiapan untuk Wisma Atlet menjadi RS Darurat COVID-19 ini, sudah dilakukan semenjak beberapa hari ini.

Setelah adanya pernyataan resmi dari Kepala Negara yang meminta tempat para atlet Asian Games 2018 lalu digunakan sementara untuk pasien positif COVID-19.