Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 23 Maret 2020 | 17:40 WIB

Telkom Perkuat Jaringan Internet di Rumah Sakit Darurat COVID-19

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Novina Putri Bestari
Foto :
  • Dok. Telkom
Telkom Group perkuat jaringan internet di Wisma Atlet Kemayoran.

VIVA – Menyusul ditetapkannya Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta Pusat sebagai rumah sakit darurat pasien terpapar Virus Corona COVID-19, maka berbagai fasilitas sedang disiapkan. Salah satunya fasilitas telekomunikasi.

Ketersediaan layanan telekomunikasi dan akses informasi yang cepat akan menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung tenaga medis dan tim satuan gugus tugas, serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam menjalankan aktivitasnya seperti melakukan update informasi, pendataan pasien dan lain sebagainya.

Baca Juga

Untuk itu, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom menyediakan dukungan akses internet dan sarana teknologi informasi dan komunikasi guna memudahkan para petugas menolong dan merawat para pasien maupun untuk keperluan koordinasi berbagai pihak.

Berbagai pihaknya dimaksud antara lain rumah sakit, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, serta Kementerian BUMN. Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa dukungan tersebut merupakan komitmen BUMN untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi wabah Virus Corona di Indonesia.

Terpopuler

“Untuk akses data dan internet di lokasi, Telkom Group melakukan penguatan sinyal selular Telkomsel dan menyediakan akses internet baik yang dedicated ataupun melalui akses Wifi.id termasuk layanan IndiHome," kata dia di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Selanjutnya, Ririek menjelaskan dukungan untuk rumah sakit darurat tersebut berupa penyediakan Astinet (dedicated internet) 2 x 100 Mbps untuk layanan internet, IndiHome 4 x 100 Mbps, akses Wifi.id 3 x 100Mb dan tambahan nomor hunting Call Center 119 untuk Kementerian Kesehatan.

Sedangkan untuk akses mobile, Telkomsel juga memperkuat sinyal di area lokasi dengan peningkatan kapasitas BTS menjadi full capacity yang ditunjang dengan penambahan akses 500 hingga 800 Mbps dan BTS indoor serta penempatan BTS mobile (COMBAT).

Di samping infrastruktur tersebut, Telkom juga menyiapkan perangkat pendukung lain seperti Server, PC (personal computer), Printer, dan TV Display.

“Keseluruhan dukungan untuk keperluan akses data dan internet ini telah selesai disiapkan dan dapat dipergunakan sesuai dengan rencana operasional Rumah Sakit Darurat Virus Corona pada hari ini," jelas Ririek.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - sekitar 1 bulan lalu
Terbaru