Instagram Hilangkan Konten dan Akun Terkait COVID-19

Instagram Hilangkan Konten dan Akun Terkait Covid-19. (FOTO: Dado Ruvic)
Sumber :
  • wartaekonomi

Instagram mengatakan akan menghapus konten dan akun terkait virus corona atau COVID-19 dari rekomendasi dan opsi explore, kecuali di-posting oleh atau milik organisasi kesehatan kredibel.

"Kami juga akan mulai menurunkan konten dalam Feed dan Story yang telah dinilai salah oleh pemeriksa fakta pihak ketiga," ujar Instagram seperti dilansir dari Reuters di Jakarta, Rabu 25 Maret 2020.

Beragam media sosial melakukan sejumlah langkah guna mengurangi persebaran virus corona dengan membatasi sejumlah informasi yang dinilai menyesatkan.

Pekan lalu, Twitter Inc melarang pengguna mem-posting informasi yang menyesatkan tentang virus corona baru, termasuk penolakan bimbingan ahli dan dorongan perawatan palsu.

Facebook, awal bulan ini, mengatakan akan memberikan iklan gratis kepada Organisasi Kesehatan Dunia () sebagai bentuk upaya untuk memastikan pengguna tidak salah informasi tentang virus, risiko, dan cara bereaksi terhadapnya.

Sebelumnya, Google dan Apple mencabut aplikasi yang berhubungan dengan virus corona baik dari Playstore dan Appstore karena berhubungan dengan konten sensitif.

YouTube juga melakukan hal serupa dengan mendemonetisasi video yang berhubungan dengan corona, namun tidak dibuat oleh organisasi kesehatan kredibel.