Orangtua Makin Ketat Awasi Anak Nonton Netflix

Netflix.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Netflix memberikan kewenangan orangtua untuk lebih banyak kontrol kepada anak apa yang mereka tonton di platform tersebut. Langkah ini diambil ketika sebagian besar anak-anak terjebak di rumah sehingga lebih banyak menonton video streaming.

Pemegang akun akan memiliki kemampuan untuk memproteksi PIN setiap profil. Hal ini dilakukan cegah anak-anak menggunakannya, seperti dikutip dari situs Techspot, Kamis, 9 April 2020.

Selain itu, orangtua juga bisa memfilter judul yang tidak sesuai dengan usia yang menggunakan rating negara, hingga dapat membatasi akses ke seri atau film secara individu. Menurut Netflix saat tayangan acara ataupun film diblokir berdasarkan nama, maka tidak akan muncul di mana pun pada profil tersebut.

Bagi pengguna yang ingin melakukan batasan-batasan tontonan bagi akunnya bisa mengunjungi menu pengaturan yang ada di website maupun aplikasi mobile Netflix. Akan ada menu pilihan apa saja yang sudah ditonton sub-akun dan memilih menonaktifkan auto-play.  

Kebijakan kali ini menambah daftar parental control yang sudah disediakan Netflix untuk para penggunanya. Langkah ini dirasa tepat waktu mengingat kompetisi pada layanan streaming video semakin ketat.

Contohnya saja Disney Plus yang secara eksklusif menampilkan program ramah keluarga. Program tersebut menyajikan pilihan layan untuk keluarga yang memiliki anak kecil dan bisa membantu menambah jumlah pelanggan dalam platform Disney Plus.