Atasi Kecanduan Medsos, Facebook Luncurkan Fitur Baru

Facebook.
Sumber :
  • Teller Report

VIVA – Facebook mengumumkan fitur barunya bernama Quiet Mode pekan lalu, yang dirancang untuk aplikasi mobile. Fitur ini akan menghentikan sementara layanan push notification.

Menurut pihak Facebook, mengingat saat ini aktivitas dipindahkan ke rumah, jadi akan sangat membantu jika pengguna bisa memiliki batasan berapa lama mereka menghabiskan waktu di platform.

"Baik itu membantu fokus pada keluarga dan teman, tidur tanpa gangguan atau mengatur bagaimana menghabiskan waktu di rumah, kami memiliki alat yang bisa membantu tetap seimbang untuk bagaimana menggunakan Facebook," ujar pihak Facebook, dikutip dari laman The Verge, Sabtu 11 April 2020.

Saat membuka aplikasi, pengguna akan diberi tahu apabila mode tersebut sedang aktif. Sehingga, mereka bisa mematikannya dan kembali mendapatkan notifikasi yang sebelumnya ditahan untuk muncul.

Quiet Mode akan ditemukan di bawah dashboard 'Your Time on Facebook'. Mode ini merupakan bagian dari pembaruan yang lebih besar di Facebook.

Mode ini akan bekerja secara manual dan jadwal yang ditentukan. Dengan pengaturan tersebut akan menghentikan pemberitahuan dari aplikasi.

Selain Quiet Mode, Facebook juga mengumumkan pintasan baru pada pengaturan notifikasi dan preferensi News Feed. Menurut raksasa jejaring sosial itu, pengguna bisa membuat waktu di Facebook dengan mengontrol jenis unggahan yang dilihat di News Feed serta pembaruan.

Quiet Mode sudah bisa digunakan oleh pengguna iOS. Sementara, para pengguna Android baru bisa memanfaatkannya pada Mei mendatang.