Efek WFH akibat Corona, NASA Operasikan Robot Curiosity dari Rumah

Wahana penelitian NASA di permukaan Mars, Curiosity.
Sumber :
  • NASA/JPL-Caltech/MSSS

VIVA – Kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (wfh) juga diterapkan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA). Salah satunya para pekerja di bagian Jet Propulsion Laboratory (JPL) yang mampu mengemudikan rover atau robot alat penjelajah ruang angkasa Curiosity, yang saat ini berada 140 juta mil jauhnya di Planet Mars.

"Sejak tanggal 20 Maret 2020 tidak ada seorang pun dari tim yang bekerja langsung di Jet Propulsion Laboratory NASA di California Selatan, tempat misi itu berpusat. Ini adalah pertama kalinya operasi rover direncanakan, sementara tim sepenuhnya bekerja dari rumah. Dua hari kemudian, perintah yang mereka kirim ke Mars dieksekusi sesuai rencana, di mana Curiosity mengebor sampel batuan di lokasi yang disebut 'Edinburgh'" tulis NASA dalam keterangannya, dilansir situs Metro, Jumat 17 April 2020.

Lantaran bekerja dari rumah, tim harus memanfaatkan peralatan berteknologi rendah untuk mempelajari gambar 3D yang diambil dari Mars. Biasanya para ilmuwan harus menggunakan kacamata khusus yang terpasang pada grafis canggih di dalam komputer berkinerja tinggi di JPL untuk memeriksa gambar.

Tetapi di rumah, mereka harus mengandalkan kacamata buatan dengan lensa berwarna merah dan biru dari era 1950-an yang membuat segalanya tampak 3D. "Meskipun tidak senyaman kacamata, mereka bekerja dengan baik untuk merencanakan perjalanan dan pergerakan," tulis NASA.

Biasanya untuk menjalankan program rover, harus melibatkan 20 orang untuk mengkoordinasikan sesuatu seperti menggerakkan lengan atau merekam data. Untuk memastikan setiap orang didengar dan saling memahami, Ketua Tim Operasi Sains, Carrie Bridge, secara proaktif berbicara dengan para ilmuwan dan insinyur untuk menutup celah komunikasi.

"Saya mungkin memonitor sekitar 15 saluran obrolan setiap hari. Saya masih melakukan rutinitas normal seperti biasa, tapi secara virtual," ujar Bridge. Biasanya, Bridge akan berkeliling ke beberapa kelompok yang bekerja di semacam ruang situasi, di mana data dan gambar robot Curiosity dilihat dan perintah dihasilkan.