Tips Berjemur Pagi dan Sore di Saat Virus Corona Melanda

Matahari Terbit
Sumber :
  • vstory

VIVA – Berjemur menjadi salah satu aktivitas yang rutin dilakukan masyarakat di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Aktivitas berjemur yang dipraktikkan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 akan membantu tubuh untuk mendapatkan vitamin D.

Vitamin D dapat memperkuat tulang dan melindungi diri dari virus Corona COVID-19. Namun, penting bagi masyarakat mengetahui kapan waktu terbaik untuk berjemur. Sebab, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), waktu berjemur yang baik di setiap daerah memiliki waktu yang berbeda-beda.

Berikut ini penjelasan atau paparan waktu terbaik untuk masyarakat berjemur seperti yang diungkapkan BMKG untuk Senin hari ini, 27 April 2020. Untuk wilayah Jabodetabek dan Banten, serta sebagian Jawa Barat disarankan berjemur pukul 09.00 WIB. Sebab, rentan waktu tersebut, dengan indeks UV 0-2 atau risiko bahaya rendah.

Ketika berjemur sebaiknya tetap menggunakan kacamata pada hari yang cerah. Gunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30 Plus bagi kulit sensitif. Sedangkan, pada pukul 10.00 WIB, paparan sinar Matahari di wilayah Jabodetabek berada di indeks UV 3-5 atau sedang.

Disarankan jika berjemur di waktu seperti ini berjemur di tempat teduh saat Matahari siang terik. Gunakan pakaian pelindung seperti topi lebar, kacamata hitam yang menghalangi UV. Gunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30 Plus bagi kulit sensitif.

Selain pagi hari, masyarakat juga bisa berjemur pada waktu sore hari. Namun perlu juga diingat bahwa waktu berjemur di sore hari ada waktu yang tepat.

Pukul 15.00 WIB menjadi waktu terbaik untuk wilayah Jabodetabek, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Riau, Barat Daya Sumatera Utara untuk berjemur.

Sebab, rentan waktu tersebut, dengan indeks UV 0-2 atau risiko bahaya rendah. Ketika berjemur, sebaiknya tetap menggunakan kacamata pada hari yang cerah. Gunakan cairan pelembab tabir surya SPF 30 Plus bagi kulit sensitif.