Viral Video Kaitkan Asteroid Dekati Bumi dengan Kiamat Hari 15 Ramadan

Ilustrasi kiamat.
Sumber :
  • http://www.evogood.com

VIVA – Berdasarkan tabel data Near Earth Objects (NEO) Close Approaches milik Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA, ada tujuh asteroid yang akan menyapa Bumi sepanjang Mei tahun ini secara berturut-turut. Salah satunya Asteroid 2020 HB6 yang mendekati Bumi hari ke-15 Ramadan 1441 Hijriah atau Jumat, 8 Mei 2020.

Asteroid-asteroid ini bergerak mendekati Bumi karena mereka melaju sesuai orbitnya. Asteroid 2020 HB6 diklasifikasikan sebagai Asteroid Apollo yang diameternya 16 hingga 470 meter. Namun, kedatangan Asteroid 2020 HB6 ini lalu dikaitkan dengan peristiwa kiamat yang dinamai Dukhan.

Sebuah video TikTok berdurasi 1 menit 1 detik yang diunggah oleh pengguna dengan ID @ipul.olshopaceh, sedang berbicara membahas asteroid yang akan menghantam Bumi tepat hari ke-15 Ramadan 1441 Hijriah.

"Seandainya benar ternyata Ramadan 1441 H hantaman meteor menabrak Bumi ini, maka Rasulullah SAW mengatakan hantaman meteor nanti terjadi di pertengahan Ramadan di hari Jumat selepas salat Subuh," demikian keterangan dari video TikTok @ipul.olshopaceh, seperti dikutip pada Rabu, 6 Mei 2020.

Kemudian, dijelaskan juga bila mendengar maka diminta lari ke rumah. "Tutup rumah, pintu, jendela, lalu masuklah ke dalam kamar, berselimutlah dalam selimut. Lalu sujudlah ke arah kiblat, bacalah 'subhanal quddus 3x, robbunal quddus'," ungkap @ipul.olshopaceh.

"Yang melakukan itu dia akan selamat. Yang tidak melakukan itu, dia akan binasa dan celaka. Silahkan lihat kalender Hijriah kita, 1441 H. Silahkan ya, hari apa jatuhnya tanggal 15. Pas hari jumat," katanya lagi.

Dalam kontennya itu pemilik akun TikTok menulis keterangan, "Semoga kita kaum muslim selalu dalam lindungan Allah". Hingga saat ini videonya itu sudah disukai lebih dari 154 ribu pengguna.

Selain Asteroid 2020 HB6, satu hari berikutnya akan hadir Asteroid 2020 HC6 pada Sabtu, 9 Mei mendatang. Sebelumnya, Asteroid 2009 XO, yang ukurannya sebesar lapangan bola, diprediksi akan melintasi Bumi saat hari ke-14 Ramadan, Kamis besok, 7 Mei 2020.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menetapkan asteroid raksasa itu sebagai objek berpotensi berbahaya karena merupakan asteroid kelas Apollo, yang berarti orbitnya melintasi jalur dengan orbit Bumi.

Pada 7 Mei nanti, Asteroid 2009 XO diperkirakan akan terbang pada jarak sekitar 3,4 juta kilometer dari Bumi dan bergerak pada kecepatan 12,7 kilometer per detik. Angka ini masih dianggap dekat dan berpotensi membahayakan Bumi oleh NASA. Saat ini Asteroid 2009 XO sedang meluncur dengan kecepatan 45.720 kilometer per jam.

Asteroid Apollo biasanya menghabiskan sebagian besar masa hidupnya di luar orbit Bumi, yang bertentangan dengan Asteroid Aten, di mana beberapa di antaranya dipantau dengan cermat oleh NASA karena statusnya juga berpotensi berbahaya dan menyebabkan kerusakan signifikan jika menabrak Bumi.