Facebook Rilis Aplikasi Gaming, Apa Bedanya Sama di Tab?

Facebook Gaming.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Facebook baru saja merilis Facebook Gaming, aplikasi yang berisi konten soal game. Namun ternyata layanan tersebut sudah ada di tab pada aplikasi Facebook. Lantas, apa bedanya?

Menurut Head of Southeast Asia Asia Pacific Games Partnership Facebook, Michael Rose, baik aplikasi maupun tab Facebook Gaming memiliki kesamaan dari isi konten. Namun aplikasi ini disediakan bagi mereka yang ingin menikmati konten gaming tanpa tercampur dengan konten lain di platform milik Mark Zuckerberg itu.

Aplikasi tersebut dibuat untuk membawa konten khusus gaming keluar dari platform Facebook. "Kalau di Facebook akan tercampur dengan komunitas lain (selain gaming). Kalau mau melihat soal gaming bisa langsung," kata Rose, dalam konferensi pers Facebook Live secara virtual, Jumat, 8 Mei 2020.

Ia mengatakan Facebook Gaming sudah tersedia di Indonesia dan bisa diunduh bagi pengguna Android di Google Play. Rose menjelaskan jika aplikasi tersebut dibuat untuk membawa konten khusus gaming keluar dari platform Facebook.

Di aplikasi Facebook Gaming, pengguna bisa memilih game yang diinginkan dan mengikuti content creator soal game. Laman pada platform itu akan dipersonalisasi sesuai dengan pilihan para usernya.

"Personalized tergantung siapa yang kamu pilih. Kamu bisa lihat di halaman  gaming app bakal semua yang sudah dipilih," ujar dia. Tab Gaming pada aplikasi Facebook terdapat di bagian atas Feed, bersebelahan dengan tab Home, Watch, dan Marketplace.

Jika tab ini belum ada bisa mengunjungi menu dengan ikon tiga garis, lalu mencari Gaming. Untuk kontennya sama seperti di aplikasi, ada Instant Game dan juga video content creator. Permainan pada tab ini bisa langsung dimainkan tanpa perlu mengunduh lagi.

"Ada juga instant games, bisa dibuka dan dimainkan di Facebook tidak perlu mendownload. Kalian seringnya buka apa dan meganalisa sukanya buka apa, main games apa, akan kelihatan semuanya," kata Rose.