Pekerja Google Masih Wajib Ngantor Saat 'New Normal'

Kantor pusat Google.
Sumber :
  • TripSavvy

VIVA – Salah satu perubahan besar setelah adanya pandemi COVID-19, adalah cara bekerja. Jika dulu berangkat ke kantor menjadi rutinitas, kini pekerjaan dan rapat pun terpaksa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi virtual.

Sayangnya, tak semua perusahaan menerapkan cara bekerja dari rumah di era 'new normal' saat ini. Jika Twitter dan sejumlah perusahaan teknologi lain memutuskan karyawannya bisa bekerja dari rumah selamanya, nampaknya belum bisa dirasakan karyawan Google.

CEO Google dan Alphabet, Sundar Pichai tidak mau, atau setidaknya belum membuat keputusan yang sama. Pichai mengatakan, masih mencari tahu aturan bekerja secara remote setelah pandemi usai, dan masih ada alasan bagus untuk menyatukan orang dalam ruangan yang sama di kantor.

"Saya tidak berpikir kita akan keluar dari ini dan kembali dimana kita berasal. Jadi, saya berharap kita beradaptasi namun masih terlalu awal untuk mengatakan bagaimana," kata Pichai, dikutip dari laman Business Insider, Senin 25 Mei 2020.

Baca juga: Masuk 'New Normal', Pekerja di Perusahaan Ini Gak Perlu Lagi Ngantor

Dia bahkan mempertanyakan, bagaimana caranya jika sejumlah tim berbeda bisa berkumpul untuk brainstorming. Untuk mengetahui jawabannya, Google akan melakukan penelitian hingga belajar dari apa yang dilihatnya.

Pichai mengatakan, dalam seluruh rencananya masih ada kebutuhan ruang fisik untuk menyatukan semua orang. Dia juga ditanya soal apakah bekerja secara remote akan mempengaruhi rencana-rencananya termasuk pengembangan kantor di Bay Area dan New York Amerika Serikat.

"Kami memiliki banyak pertumbuhan yang direncanakan ke depan. Jadi jika ada beberapa koreksi saja, saya tidak berpikir jejak kami jadi masalah. Saya yakin kami akan menggunakannnya dengan baik dan ingin melihat sejumlah proyek selesai," ungkapnya.

Belum lama ini, Google mengatakan kepada karyawannya jika mereka bisa bekerja di rumah selama sisa tahun 2020. Namun beberapa pegawai yang dipilih akan kembali ke kantor mulai Juni mendatang.