Pejabat Tinggi China Dituding Sebar Hoax soal Virus Corona

Setelah Trump, Kini Giliran Cuitan Jubir Kemenlu China yang Ditegur Twitter. (FOTO: Unsplash/Sara Kurfeß)
Sumber :
  • wartaekonomi

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Twitter menandai cuitan milik Juru Bicara Pemerintah China yang menyebut militer Amerika Serikat (AS) membawa virus corona jenis baru ke China, padahal cuitan itu mengudara pada Maret lalu.

Sebagai tanda. Twitter memposting tanda seru biru di bawah cuitan milik Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian dan mendesak para pembaca memeriksa fakta tentang COVID-19.

"Kapan pasien nol dimulai di AS? Berapa banyak orang yang terinfeksi? Apa nama rumah sakit itu? Mungkin tentara AS yang membawa epidemi ke Wuhan. Bersikaplah transparan! Ungkap data Anda! AS harus memberi penjelasan kepada kami," tulis Zhao, dikutip dari Business Today, Jumat (29/5/2020).

Pada utas cuitan itu, WHO memuat tajuk utama berjudul WHO Mengatakan, Bukti Menunjukkan COVID-19 Berasal dari Hewan dan Tidak Diproduksi di Laboratorium.

Periksa fakta di Twitter pertama kali menandai cuitan Donald Trump pada Selasa (26/5/2020) atas klaimnya tentang surat suara. Menurut Twitter, cuitan itu mengandung disinformasi.

Trump menanggapi hal itu dengan wacana pembatalan atau pelemahan undang-undang yang melindungi media sosial dari pertanggungjawaban atas konten dari pengguna.