Ada yang Gratisan Buat Ojol dan Sopir Taksi

Ojek Online Terimbas Penerapan PSBB
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Wabah COVID-19 menimbulkan dampak yang cukup besar, pada sektor perekonomian masyarakat Indonesia. Banyak yang kehilangan pekerjaan atau dirumahkan, karena pendapatan perusahaan menurun akibat adanya pembatasan sosial berskala besar.

Sementara itu, kaum pekerja sektor informal juga mengalami kerugian yang sangat banyak. Para pemilik warung mengeluh sepi pelanggan, sedangkan ojek online tidak diizinkan sementara waktu untuk membawa penumpang.

Baca juga: Apple Obral Harga iPhone 11 dan SE 2020

Mereka harus berhemat, agar bisa membawa pulang nafkah bagi keluarga. Tidak sedikit yang rela melewatkan sarapan, atau mengurangi kebiasaan minum kopi serta jajan. Padahal, kondisi fisik mereka sangat penting agar tetap bisa menerima pesanan antar makanan dan barang.

Untungnya, ada 50 warung yang setiap hari membagikan sarapan secara gratis. Para pengendara ojol, sopir taksi hingga tukang sayur bisa mengunjungi salah satu dari warung tersebut, untuk mendapatkan sarapan sebagai bekal tenaga saat beraktivitas.

Program sarapan gratis ini digelar oleh Mitratel, anak perusahaan dari Telkom Indonesia. Mereka mengadakannya sejak April lalu, dan hingga 23 Mei kemarin telah mendistribusikan sekitar 22 ribu makanan.

Vice President Legal and Corporate Secretary Mitratel, Mulyanto mengatakan, awalnya perusahaan hanya menargetkan selama satu bulan saja. Namun, karena masa tanggap darurat pandemi diperpanjang, maka mereka memutuskan untuk menggelarnya hingga akhir tahun ini.

“Total sebanyak 125 ribu porsi makanan gratis akan kami sediakan, mulai tanggal 1 Juni hingga 24 Desember 2020”, ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 4 Juni 2020.

Program ini bekerja sama dengan 50 warung makan yang tersebar di seluruh Indonesia, yang menyediakan 10 bungkus sarapan per warung setiap harinya.