Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Sabtu, 6 Juni 2020 | 00:01 WIB

Hari Lahir Soekarno Disambut Strawberry Moon hingga Asteroid Raksasa

Team VIVA »
Lazuardhi Utama
Misrohatun Hasanah
Foto :
  • New York Post
Asteroid mendekat ke Bumi.

VIVA – Sabtu, 6 Juni 2020 adalah hari lahir Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Pada tanggal dan bulan kelahiran tokoh yang dijuluki Putra Sang Fajar itu disambut oleh fenomena alam. Mulai Strawberry Moon atau Bulan Purnama Strawberry, Pertama Gerhana Bulan Penumbra, hingga Asteroid Raksasa 2002 NN4.

Mengutip situs Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), ada dua fenomena alam yang terjadi hari ini. Pertama Gerhana Bulan Penumbra, yaitu saat Bulan melewati bayangan sebagian Bumi.

Baca Juga

Kejadian tersebut akan terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia dan Australia. Gerhana Bulan Penumbra dimulai pada pukul 00.45.51, puncaknya pukul 02.24.55, dan berakhir pukul 04.04.03 WIB.

Kedua Strawberry Moon, di mana puncaknya akan berada di pukul 02.12 WIB pada jarak 369.005 kilometer dengan pusat Bumi. Meskipun mendapat julukan strawberry, namun tampilannya tidak tampak merah muda. Nama itu dipilih oleh suku-suku asli Amerika yang menandakan waktu panen karena buah telah matang.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler