iOS 14 Hadir, Kunci Mobil Bisa Ditinggal di Rumah

Fitur Car Key di iOS 14
Sumber :
  • BMW

VIVA – Dalam acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020, Apple mengumumkan Car Key, yakni fitur yang digunakan untuk membuka kunci mobil secara nirkabel dengan iPhone. Fitur merupakan bagian dari iOS 14, dan akan berfungsi dengan teknologi Near Field Communication.

Dilansir dari situs The Verge, Selasa, 23 Juni 2020, mobil pertama yang mendapat dukungan adalah BMW 5 Series yang akan rilis pada bulan depan. Apple mengataka,n tengah melakukan standar industri dengan chip U1 ultra wideband terbaru, alih-alih hanya mengandalkan NFC.

Baca juga: Heboh Kemunculan Apple iOS 14 Sampai ke Twitter

Setelah mobil yang mendukung fitur ini dipasangkan dengan iPhone atau Apple Watch, pengguna yang ingin membuka kunci cukup memegang perangkat di dekat pembaca NFC yang ada di mobil, misalnya di pegangan pintu mobil.

Kemudian sebelum mobil dibuka, pengguna akan diminta melakukan pemeriksaan identitas dengan Face ID atau Touch ID. Mereka juga bisa mengatur Mode Express, untuk melewati pemeriksaan ganda. Menghidupkan mesin dilakukan dengan meletakkan ponsel di tempat khusus wireless charging.

Akses membuka mobil juga bisa dibagi dengan orang lain melalui iMessage. Perusahaan asal Amerika Serikat ini juga mengatakan, fitur bisa digunakan untuk pengguna iOS 13.

Sementara itu pabrikan mobil lainnya sudah menawarkan kunci digital dengan fungsi serupa, namun dengan aplikasi terpisah, tidak dimasukkan dalam sistem operasi Apple.

Keuntungan lainnya menggunakan kunci digital adalah, pengguna bisa menyimpan beberapa kunci mobil dalam satu tempat. Pengembangan Car Key diselesaikan pada Mei lalu dengan spesifikasi Digital Key Release 2.0 dari Car Connectivity Consortium.