Laba-laba Joker Ditemukan di Iran

Laba-laba Joker.
Sumber :
  • Live Science

VIVA – Spesies laba-laba baru ditemukan dengan pola merah-putih yang mencolok di punggungnya. Hal ini mengingatkan kita pada musuh bebuyutan Batman, Joker. Ilmuwan menamainya Loureedia phoenixi yang ditemukan di Iran.

Dikutip dari situs Live Science, Senin, 29 Juni 2020, spesies itu merupakan Loureedia pertama yang teridentifikasi di luar Mediterania. Genus yang pertama kali dikenalkan pada 2018 ini, hingga kini sudah memiliki empat spesies.

Pada punggung L. phoenixi jantan, warna merahnya sangat mencolok pada latar belakang putih, mirip senyum joker yang kontras dengan riasan wajah putihnya. Untuk melihatnya lebih jelas, perlu alat pembesaran karena tubuhnya hanya 0,3 inchi dan ditutupi rambut-rambut kecil.

Ciri tersebut masuk dalam kelompok laba-laba Eresidae, laba-laba beludru yang memiliki mantel beludru padat, menurut penulis studi, Alireza Zamani. Jenis ini sangat menarik bagi mereka karena memiliki kebiasaan yang tak biasa, seperti membangun sarang secara komunal dan menjaga anak-anaknya secara bersama.

Menemukan jenis ini jadi tantangan mereka karena mereka hanya ada dalam tiga pekan di atas tanah dalam satu tahun. Menurut Zamani, mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di sarang bawah tanah.

"Jantan meninggalkan sarangnya untuk berburu betina, biasanya dari akhir Oktober hingga pertengahan November. Laba-laba muncul ke permukaan ketika mereka meninggalkan sarang induknya," jelas dia.

Sejauh ini ilmuwan baru berhasil mengumpulkan dan menggambarkan laba-laba Joker jantan. Pencarian akan berlanjut ke betina, menargetkan lokasi di mana jantan ditemukan.

"Jika punya cukup waktu dan kesabaran, akan sangat menarik untuk melacak lelaki yang berkeliaran. Jantan pasti lebih baik dalam menemukan betina. Dengan cara ini kita juga memiliki kesempatan untuk mengamati dan memotret perilaku kawin dari spesies Loureedia," tutur Zamani.