Daftar 10 Provider Internet Terkencang di Indonesia

Ilustrasi WiFi. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)
Sumber :
  • wartaekonomi

VIVA – Berkat kehadiran internet, bermain game, menjelajah media sosial, serta mencari informasi menjadi tren dan gaya hidup masyarakat saat ini. Tingginya kebutuhan akan internet terkadang kerap muncul keluhan mengenai performa akses internet yang tidak sesuai harapan.

Baru-baru ini perusahaan penyedia game terbesar di dunia, Steam merilis performa penyedia internet di dunia. Salah satu negara yang tercatat di data resmi Steam, yaitu Indonesia. Steam mencatat 10 Internet Service Provider (ISP) populer di Indonesia, dengan membagikan informasi mengenai rata-rata kecepatan download (unduh) dari masing-masing klien.

Menurut Steam, kecepatan rata-rata untuk akses game di Indonesia hanya 11 Mbps. Rata-rata ini masih berada di belakang kecepatan penyedia internet di Malaysia dengan kecepatan 33,9 Mbps. Sementara Vietnam memiliki laju akses rata-rata sebanyak 40,3 Mbps. Negeri Gajah Putih, Thailand memiliki akses rata-rata internet sebesar 74,9 Mbps.

Sementara itu, negara yang memiliki akses internet tercepat rata-rata di Asia Tenggara, yaitu Singapura. Akses rata-rata internet di Negeri Singa itu mencapai 100 Mbps. Adapun akses rata-rata terendah di Asia Tenggara berada di Laos. Menurut Steam, akses rata-rata internet di Laos hanya 8,8 Mbps.

Steam juga mencatat, dari beberapa penyedia layanan internet di Indonesia, PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) menduduki posisi teratas dalam kecepatan download rata-rata. Kecepatan download Moratelindo tercatat mencapai 40,1 Mbps.

Produk layanan internet milik Moratelindo, yaitu Oxygen.id, dikenal memiliki stabilitas berselancar internet, main game online, video streaming, serta beragam layanan hiburan.

Layanan internet unlimited Oxygen.id terkoneksi dengan fiber supercepat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan bisnis, informasi, dan hiburan. Berikut peringkat kecepatan internet dari 10 penyedia jaringan internet di Indonesia.

1. PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) dengan kecepatan rata-rata 40,1 Mbps
2. MyRepublic ID dengan kecepatan rata-rata 35,9 Mbps
3. Biznet Networks dengan kecepatan rata-rata 28,4 Mbps
4. PT Cyberindo Aditama dengan kecepatan rata-rata 23,7 Mbps
5. FirstMedia dengan kecepatan rata-rata 16 Mbps
6. PT Cemerlang Multimedia dengan kecepatan rata-rata 13,8 Mbps
7. PT MNC Kabel Mediacom dengan kecepatan rata-rata 12,2 Mbps
8. MNC Playmedia dengan kecepatan rata-rata 11,9 Mbps
9. PT Telkom Indonesia dengan kecepatan rata-rata 7,1 Mbps
10. Telkomsel dengan 6,7 Mbps